Keutamaan Menolong Orang yang Sedang Susah

Senin 07 Oktober 2019 05:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 07 614 2113643 keutamaan-menolong-orang-yang-sedang-susah-mvmStcWXls.jpg Seseorang yang kesusahan (Foto: The Indian Society)

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu rela menolong orang lain. Terutama orang yang sedang kesusahan.

 Suka menolong orang membuat Allah menolong kita saat susah

Bahkan dalam Islam, menolong orang tak boleh memandang suku, ras, dan agamanya. Dalam menolong orang yang kesusahan tak boleh pilih-pilih.

Alumni Unhasy dan Pondok Pesantren Putri Walisongo Jombang Silmi Adawiyah menjelaskan, tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah. Maka kita umat Islam sebaikya bercita-cita untuk menjadi orang yang suka menolong.

Manusia harus menjadi manfaat bagi manusia lainnya dan juga lingkungan sekitar. Pertolongan paling mudah di antaranya, menjadi pendengar setia layaknya psikiater yang bisa meringankan beban pasiennya.

Menjadi penolong merupakan ladang mencari pertolongan Allah dengan cara cepat. Sebab Allah selalu menolong seorang hamba selama hamba tersebut suka menolong saudaranya. Urusan tersebut masih dalam kategori rahmat Allah di dunia.

Bahkan Allah memberikan ganjaran bagi seseorang yang mau membantu kesusahan orang lain di akhirat kelak. Dalam sebuah hadis disebutkan:

قال رسول صلى الله عليه وسلم من سرَّه أن ينجيه الله من كرب يوم القيامة، فلينفِّس عن معسر، أو يضع عنه

“Rasulullah bersabda: “Barangsiapa merasa senang karena diselamatkan oleh Allah dari kesulitan hari kiamat, maka hendaklah ia menghilangkan kesusahan dari orang yang dalam kesukaran atau meninggalkan sesuatu yang ada padanya.”

Seperti dilansir website Pondok Pesantren Tebu Ireng, hadist tersebut memberikan motivasi kepada kita untuk bisa mendapatkan pertolongan di akhirat, maka perbanyaklah membantu saudara yang sedang mengalami kesulitan dan kesusahan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Disebutkan dalam Tafsir Ibn Kastir bahwa golongan hamba yang tertinggi adalah mereka yang tak henti-hentinya melaksanakan perbuatan yang diwajibkan dan menambah poinnya dengan menebar kebaikan kepada sesamanya

Salah satu cara untuk menebar kebaikan adalah menghilangkan kesusahan orang yang sedang dalam kesusahan. Membantu orang kesusahan, merupakan amal saleh di hadapan Allah SWT.

Sedangkan secara horizontal membantu orang lain merupakan kesalehan sosial, yakni mampu membantu menghilangkan beban seseorang hingga akhirnya orang yang ditolong tak kesusahan lagi.

Dalam salah satu hadistnya, Rasulullah bersabda,

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ, أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً, أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا, أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا

“Amalan yang paling dicintai Allah adalah engkau menyenangkan seorang muslim, atau engkau mengatasi kesulitannya, atau engkau menghilangkan laparnya, atau engkau membayarkan hutangnya.”

Semoga setelah mengetahui amalan ini, kita semua menjadi pribadi yang suka menolong orang lain yang sedang dalam kesusahan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya