nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wiranto Ditusuk, Ustadz: Kita Doakan agar Segera Sembuh!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 13:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 11 330 2115650 wiranto-ditusuk-ustadz-kita-doakan-agar-segera-sembuh-fXjXxuGJ2G.jpg Saat Wiranto ditusuk orang (Foto: Twitter)

Peristiwa penusukan yang dialami Menko Polhukam Wiranto di Serang, Banten masih diusut sampai ke akar-akarnya. Saat ini ia juga masih dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Penusukan Wiranto ini mendapat respons banyak pihak termasuk dari netizen. Di media sosial, respons yang datang beragam, mulai dari berempati hingga menganggap ini adalah upaya 'settingan' bahkan ada yang bersikap nyinyir.

 Mendoakan orang yang sakit

Terlepas dari komentar tersebut, sudah sepatutnya kita sebagai muslim ikut berempati pada kejadian ini. Hal ini juga diutarakan Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin.

"Sebagai muslim kita sebaiknya mendoakan agar Wiranto diberi kesembuhan. Akhlak muslim hendaknya mendoakan, bukan malah nyinyir," ujar Ustadz Fauzan, Jumat (11/10/2019).

Ia juga tidak menampik kalau banyak netizen di media sosial yang menganggap peristiwa ini hanya settingan atau pengalihan isu. Menyikapi ini, baginya muslim tidak perlu ikut campur dan ada baiknya mengabarkan sesuatu yang benar.

"Tugas kita sebagai muslim yang baik itu berpikir positif atau husnuzon. Selain itu, sekarang ini ada baiknya kita berdoa kepada Allah SWT agar semua masalah dapat diatasi dengan bijak," kata ustadz Fauzan.

Di sisi lain, Ustadz Fauzan menuturkan, ada beberapa adab lainnya yang bisa dilakukan ketika seseorang menghadapi masalah atau musibah, seperti yang dialami Wiranto.

Hal pertama yang mungkin dapat dilakukan adalah datang langsung membantu atau mendoakannya secara langsung. Tindakan ini bisa berbentuk tenaga, pikiran, atau sebatas motivasi. Terdengar sepele memang, tapi sangat berarti untuk yang sedang kesulitan.

Jika datang dan mendoakan langsung dinilai sulit, maka yang bisa dilakukan muslim ialah menghindari perkataan atau tindakan yang menyebabkan korban hatinya semakin terpukul. Ini bisa dilakukan dengan menghindari pernyataan hoaks di media sosial dan memperbanyak memanjatkan doa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini