nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saat Crosshijaber Berani Masuk Saf Perempuan di Masjid-Masjid

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 13:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 14 614 2116611 saat-crosshijaber-berani-masuk-saf-perempuan-di-masjid-masjid-w1ZF7fk3g5.jpg Kadang crosshijaber memakai cadar (Foto: Youtube)

Kelompok crosshijaber akhir-akhir ini menggemparkan media sosial dengan aksinya. Mereka berani keluar rumah, bahkan menyambangi masjid.

Sejatinya, crosshijaber merupakan sebutan bagi para pria yang suka memakai pakaian muslimah lengkap dengan hijabnya. Bahkan mereka kadang memakai cadar untuk menutupi wajahnya.

Keberadaan crosshijaber rupanya meresahkan masyarakat karena dianggap melanggar privasi jamaah perempuan. Mereka berani masuk masjid bahkan berada di saf perempuan. Netizen pun ramai-ramai menolak beradaan kelompok ini.

 Crosshijaber

Dari salah satu unggahan foto yang berhasil di-capture, terlihat jelas si pria yang mengenakan busana gamis dan hijab syari duduk di antara ukhti di dalam masjid. Dia bahkan menuliskan 'khotbah' untuk memberi tahu kepada publik kalau ia ikut mendengarkan khotbah bersamaa para jamaah perempuan.

"Sesungguhnya aku melihat dan mendengar apa yang kau kerjakan dan doa yang kau panjatkan pada sepertiga malam," tulis seorang crosshijaber di media sosial.

Di postingan itu kita bisa melihat lokasi yang pernah disambangi si crosshijaber yakni sebuah masjid di Bandung. Dalam unggahan di media sosial itu terlihat si pria crosshijaber dengan santainya duduk di antara ukhti. Dia mengenakan gamis abu-abu dengan manset hitam yang dia kenakan di lengan. Dia terlihat tidak canggung berada di sana bahkan terlihat begitu menikmatinya.

Sementara itu, sebelumnya pernah terjadi seorang crosshijaber yang bercadar lengkap dengan busana muslimah menutup aurat ikut salat jamaah di Masjid Agung Baiturahman Sukoharjo.

Bahkan sosok bercadar ini salat jamaah bersama dengan para jamaah perempuan lainnya. Ia diketahui beberapa kali mengajak jamaah perempuan untuk selfie via ponselnya.

"Sosok bercadar ini sudah dua hari menunaikan ibadah salat di masjid itu. Ia bahkan salat bersama dengan jamaah perempuan lainnya. Usai salat, ia lalu minta foto dengan jamaah wanita lain," kata Kasatreskrim Polres Sukoharjo AKP Gede Yoga Sanjaya beberapa waktu lalu.

 Crosshijaber

Namun anehnya gerak-gerik sosok bercadar ini tak seperti perempuan lainnya. Merasa curiga, akhirnya takmir Masjid Agung Baiturahman Sukoharjo mendekati sosok bercadar tersebut. Saat diinterogasi itulah takmir masjid terkejut karena suaranya seperti suara pria.

Akhirnya takmir masjid pun meminta pelaku untuk membuka cadar yang menutup wajahnya. Begitu cadar dibuka, mereka terkejut bukan kepalang, ternyata sosok bercadar itu adalah pria berkumis.

Akhirnya pria berkumis tersebut diamankan. Ia juga dipulangkan ke keluarganya sebab diduga mengalami gangguan jiwa.

Sementara itu, Ustadz Mahfud Said mengatakan, apa yang dilakukan oleh crosshijaber itu menyalahi aturan Allah SWT. Dia menjelaskan dengan hadis sebagai berikut,

"Dari Ibnu Abbas: Sesungguhnya baginda Rasulullah melaknat para lelaki yang menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki." (HR. Al-Bukhari dan Abu Dawud).

Ustadz Mahfud juga meminta agar muslim yang mengetahui adanya crosshijaber di lingkungannya, untuk diberi sosialisasi atau penjelasan mengenai kesalahan sikap mereka. Sebab yang mereka lakukan salah dan dilaknat Allah SWT.

Muslim sebaiknya mengingatkan pada para crosshijaber agar mereka beribadah sesuai dengan jenis kelaminnya. Jangan kemudian laki-laki merasa aman bahkan salat di saf perempuan.

"Kalau menemukan orang seperti ini langsung ditegur dan diingatkan supaya dirinya bisa memperbaiki kesalahan di hadapan Allah SWT," ujar Ustadz Mahfud.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini