Selamatkan Diri, Ratusan Siswa Kabur dari Islamic Center Palsu

Selasa 15 Oktober 2019 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 15 614 2117237 selamatkan-diri-ratusan-siswa-kabur-dari-islamic-center-palsu-e1qPc7BFp9.jpg Kondisi islamic center palsu (Foto: Concise News)

Hanya dua pekan setelah polisi menemukan islamic center palsu di Kaduna, polisi kembali menemukan islamic center palsu lainnya, yakni Malam Bello Islamic Centre.

Malam Bello Islamic Centre ini terletak di Nassarawa Quarters, Sabon Gari, Daura, Nigeria Utara. islamic center palsu ini memiliki 300 siswa lebih.

 Islamic center palsu

Komisioner Polisi Sanusi Buba mengatakan, islamic center palsu ini sangat tak manusiawi. Bahkan tak ada seorang manusia pun yang berpikir mampu hidup dengan selamat di dalamnya.

“Investigasi awal menemukan Malam Bello, seorang oknum mantan guru berusia hampir 40 tahun mengumpulkan anak-anak dengan janji manis akan merehabilitasi mereka. Namun ternyata dia hanya penipu, dia melakukan hal yang dilarang Islam," kata Buba

Bahkan, terang Buba, ia tega merantai para siswa baik yang dewasa maupun anak-anak. Mereka dikumpulkan dari berbagai wilayah di Nigeria dan sejumlah negara Afrika lainnya.

Seperti dilansir The Nation, Selasa (15/10/2019), Buba mengatakan, polisi datang ke islamic center palsu tersebut setelah mendapat laporan para siswa melakukan pemberontakan dan berusaha keras menyelamatkan diri. Sebanyak 200 siswa melarikan diri dari tempat tersebut dengan bantuan para tetangga.

Polisi, lanjut Buba, segera menutup islamic center palsu tersebut. Pihaknya juga menangkap Malam Bello dan dua asistennya yang terlibat dalam kejahatan ini. Sejumlah staf dan anaknya Umar telah melarikan diri dan bersembunyi.

Seorang siswa sekaligus korban, Lawal Adamu, 33 tahun dari Nigeria mengatakan, satu sel kamar berisi 80 orang. Mereka semua dirantai.

“Tak ada toilet dan tak ada kamar mandi. Ini jelas bukan tempat ibadah, ini hanya tempat penyiksaan," ujar Adamu.

Emir Daura, Alhaji Farouk Umar Farouk meminta polisi segera menghukum Mallam Bello. Ia sangat kecewa dengan perilaku buruknya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini