Nasihat Gus Baha Kalau Ada Orang Menggunjingkan Kita

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 18 330 2118785 nasihat-gus-baha-kalau-ada-orang-menggunjingkan-kita-V564YIonnq.jpg Nasihat Gus Baha (Foto: Inst)

Menggunjingkan orang lain atau ghibah sering kali dilakukan orang. Terutama ibu-ibu saat berkumpul ramai-ramai.

Sejatinya menggunjingkan orang lain merupakan sikap yang tak baik sebab bisa membuat orang yang digunjingkan sakit hati.

Lalu bagaimana nasihat Gus Baha saat kita digunjingkan orang lain?

 

KH Ahmad Bahauddin Nursalim yang akrab disapa Gus Baha dalam akun instagram @sabdaulamanu menngatakan, "Saya saat difitnah orang, saya ingat-ingat nasihat ulama. Seperti Abu Yazid Al Bustomi," kata Gus Baha.

"Jika kita digunjingkan orang lain harus ingat bahwa mereka pun adalah manusia biasa, juga bukan yang mengatur hidup dan mati manusia. Namun, apabila Allah yang membicarakan kita, maka itu adalah masalah," ujar Gus Baha.

"Mereka itu siapa? ya orang. Lah iya orang. Orang itu bukan yang mengatur hidupku, bukan yang mengatur matiku. Makanya tidak masalah, kalau yang ngomongin saya Allah, baru masalah," terangnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain itu, tambah Gus Baha, jika hidup kita digunjingkan orang lain supaya tak sakit hati caranya adalah mengingat bahwa kita tidak membutuhkan mereka yang selalu melakukan ghibah. Tapi yang kita butuhkan adalah rahmat dari Allah SWT.

"Makanya tidak masalah digunjingkan orang. Jadi kalau sedang diomongin orang ingat saja, kalau mereka juga manusia yang hidupnya bergantung kepada Allah. Kamu juga bergantung kepada Allah. Sama-sama tidak jelasnya, kok susah," jelasnya.

Sekali lagi Gus Baha menegaskan, orang lain yang membicarakan kita tidak perlu dianggap. Sebab, mereka bukanlah yang mengatur hidup.

"Saya kalau diomongin orang inginnya susah. Tapi ketika saya ingat dia bukan yang mengatur kehidupanku, dan saya bisa istighna' tidak membutuhkan dia," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya