Share

Doa dan Amalan agar Dagangan Laris dan Diberkahi Allah SWT

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 24 614 2121166 doa-dan-amalan-agar-dagangan-laris-dan-diberkahi-allah-swt-zllDqB6yGz.jpg Doa dan amalan laris dan diberkahi Allah (foto: Theturquoishcollection)

BICARA tentang jual beli, tentunya setiap orang ingin dagangan laris. Tak jarang, mereka yang ingin untung lebih memilih jalan yang praktis. Salah satunya dengan melakukan pesugihan, yang mana mereka membuat perjanjian dengan setan.

Tentunya cara haram demi dagangan laris itu dilarang dalam Islam. Allah memerintahkan umat Islam untuk mencari rezeki yang halal. Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, Sesungguhnya karunia Allah SWT itu luas, dan Rizki Allah itu tak pernah bisa kita hitung dengan kemampuan matematis.

โ€œRizki Allah atas hambanya sangatlah dahsyat tak terhingga, tak terhitung dengan hitungan kita yang berbatas.โ€ katanya saat dihubungi Okezone.

Ilustrasi berdoa

Rasulullah SAW, bersabda:

ู…ูŽุง ุฃูŽูƒูŽู„ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุทูŽุนูŽุงู…ู‹ุง ู‚ูŽุทู‘ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฃู’ูƒูู„ูŽ ู…ูู†ู’ ุนูŽู…ูŽู„ู ูŠูŽุฏูู‡ู ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ู†ูŽุจูู‰ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฏูŽุงูˆูุฏูŽ โ€“ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู โ€“ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุฃู’ูƒูู„ู ู…ูู†ู’ ุนูŽู…ูŽู„ู ูŠูŽุฏูู‡ู

โ€œTidaklah seseorang mengonsumsi makanan yang lebih baik dari makanan yang dihasilkan dari jerih payah tangannya sendiri. Dan sesungguhnya nabi Daud โ€˜alaihissalam dahulu senantiasa makan dari jerih payahnya sendiri.โ€ (HR. Bukhari, Kitab al-Buyuโ€™, Bab Kasbir Rojuli wa โ€˜Amalihi Biyadihi II/730 no.2072).

Dan di dalam riwayat lain, Nabi SAW juga bersabda:

ู…ุง ูƒุณุจ ุงู„ุฑุฌู„ ูƒุณุจุงู‹ ุฃุทูŠุจ ู…ู† ุนู…ู„ ูŠุฏู‡ุŒ ูˆู…ุง ุฃู†ูู‚ ุงู„ุฑุฌู„ ุนู„ู‰ ู†ูุณู‡ ูˆุฃู‡ู„ู‡ ูˆูˆู„ุฏู‡ ูˆุฎุงุฏู…ู‡ ูู‡ูˆ ุตุฏู‚ุฉ

โ€œTidaklah seseorang memperoleh suatu penghasilan yang lebih baik dari jerih payah tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahi dirinya, istrinya, anaknya dan pembantunya melainkan ia dihitung sebagai shodaqoh.โ€ (HR. Ibnu Majah di dalam As-Sunan, Kitab At-Tijaroot Bab Al-Hatstsu โ€˜Ala Al-Makasibi, no.2129. al-Kanani berkata, โ€˜Sanadnya Hasanโ€™, Lihat Mishbah Az-Zujajah III/5). Klik halaman selanjutnya untuk doa dan amalan agar dagangan laris lebih lengkap.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Ainul Yaqin juga menambahkan, terdapat beberapa hadits dalam masalah berdagang yang menyebutkan keutamaanya. Serta, menyebutkan bagaimana adab-adabnya sebagaimana ada dalam kitab At Targhib wa At Tarhib, yang disusun oleh Al Mundziri,

Selain itu, terdapat juga dalam kitab lainnya. Di antara hadits yang memotivasi untuk berdagang adalah sabda Nabi SAW,

ุงู„ู’ุจูŽูŠู‘ูุนูŽุงู†ู ุจูุงู„ู’ุฎููŠูŽุงุฑู ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุชูŽููŽุฑู‘ูŽู‚ูŽุง ููŽุฅูู†ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุง ูˆูŽุจูŽูŠู‘ูŽู†ูŽุง ุจููˆุฑููƒูŽ ู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ููู‰ ุจูŽูŠู’ุนูู‡ูู…ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุฐูŽุจูŽุง ูˆูŽูƒูŽุชูŽู…ูŽุง ู…ูุญูู‚ูŽุชู’ ุจูŽุฑูŽูƒูŽุฉู ุจูŽูŠู’ุนูู‡ูู…ูŽุง

ย Ilustrasi transaksi jual beli

โ€œOrang yang bertransaksi jual beli masing-masing memiliki hak khiyar (membatalkan atau melanjutkan transaksi) selama keduanya belum berpisah. Jika keduanya jujur dan terbuka, maka keduanya akan mendapatkan keberkahan dalam jual beli,"

โ€œBerdagang yang tidak kalah penting adalah keberkahan, sebab dari sanalah muncul yang namanya keuntungan tersendiri, berkah berarti bertambah dan meningkat apa yang dia usahakan atau perdagangkan,โ€ jelasnya.

Oleh karenanya, kata Ustadz, berdaganglah dengan cara Nabi. Ilmu Nabi dan metode keberkahan dagang ala Nabi Muhammad SAW, yang mengedepankan etika dagang sesuai syariat Islam.

Berikut ini adalah doa untuk mendapatkan keberkahan ketika berdagang:

ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ูู„ู„ู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ู’ ุฑูŽุฒูŽู‚ูŽู†ูู‰ู’ ู‡ุฐูŽุง ู…ูู†ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑู ุญูŽูˆู’ู„ู ู…ูู†ูู‘ู‰ ูˆูŽู„ุงูŽู‚ููˆู‘ูŽุฉูุŒ ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุจูŽุงุฑููƒู’ ูููŠู’ู‡ู

AL-HAMDU LILLAAHIL LADZII ROZAQONII HAADZA MIN GHAIRI HAULIN MINNII WA LAA QUWWATIN, ALLOOHUMMA BAARIK FIIHI

Atau Doa ini;

ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูู†ูู‘ู‰ู’ ุงูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ุงูŽู†ู’ ุชูŽุฑู’ุฒูู‚ูŽู†ูู‰ู’ ุฑูุฒู’ู‚ู‹ุง ุญูŽู„ุงูŽู„ุงู‹ ูˆูŽุงุณูุนู‹ุง ุทูŽูŠูู‘ุจู‹ุง ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ุชูŽุนูŽุจู ูˆูŽู„ุงูŽู…ูŽุดูŽู‚ู‘ูŽุฉู ูˆูŽู„ุงูŽุถูŽูŠู’ุฑู ูˆูŽู„ุงูŽู†ูŽุตูŽุจู ุงูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุดูŽู‰ู’ุกู ู‚ูŽุฏููŠู’ุฑูŒ

ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA AN TARZUQONII RIZQON HALAALAN WAASI'AN THOYYIBAN MIN GHAIRI TA'ABIN WALA MASYAQQATIN WALAA DLOIRIN WALAA NASHABIN INNAKA 'A-LAA KULLI SYAI-IN QODIIR

Dalam kitab โ€œDurrot Ats-Tsaminah Fi Al-Ulumi Ar-Ruuhaniyyatโ€ karya Asy-Syeikh โ€˜Izzuddin Al-Iraqi hal. 20, bab ุทู„ุณู… ู„ู„ุฑุฒู‚ ูˆุฏูุน ุงู„ูู‚ุฑ (tholasim Lil Rizqi wa dafโ€™il faqri).

ย Ilustrasi berdagang

Tata caranya yaitu :

Pertama, bacalah ayat di bawah ini setiap selesai salat sunat fajar dan setiap selesai salatย  subuh 70 kali, selama 40 hari mutawalliyat / berturut-turut tidak boleh terputus, inilah ayat yang dimaksud :

ุฑูŽุจูู‘ ุฅูู†ูู‘ู‰ ู„ูู…ูŽุข ุฃูŽู†ุฒูŽู„ู’ุชูŽ ุฅูู„ูŽู‰ูŽู‘ ู…ูู†ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑู ููŽู‚ููŠุฑูŒ

(Robbi inni limaa anzalta ilayya min khoirin faqiir)

โ€œYa Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadakuโ€. (QS. Al-Qasas 24).

โ€œBanyak doa-doa yang bertujuan mendapatkan rido Allah SWT, salah satunya agar kita memperoleh FadhilahNya, seperti mendapatkan Jodoh, Memperoleh Rizki yang banyak, usaha atau dagangan kita laris dan banyak lagi,โ€ katanya.

Ijazah atas doa yang diajarkan para ulama' atau para Auliya beraneka ragam sekaligus berbagai asbab wurud yang dalam dunia Hikmah dikenal dengan Ijazah. Dan kebanyakan doa doa tersebut berasal atau berakar dari Al Qur'an (ayat ayat suci).

Sepanjang niatannya adalah tabarukan, dalam rangka mengharapkan belas kasih dan ridho Allah SWT, atas berbagai macam riwayat atau ijazah doa, maka tidak mengapa,โ€ pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini