Share

Melawan Islamofobia Lewat Video Game

Della Astrini, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 25 614 2121586 melawan-islamofobia-lewat-video-game-5p85ktF442.jpg Remaja bermain video game (Foto: About Islam)

Melawan islamofobia atau kebencian terhadap umat Islam harus dilakukan dengan cara-cara yang baik dan halus. Salah satunya dengan meluncurkan video game.

Sebuah video game bernama Virtue Reality memberikan pengetahuan kepada para pemainnya bagaimana bantuan luar negeri disalurkan oleh Islamic Relief yang tersebar di berbagai belahan dunia.

ย Main video game

Video game ini bertujuan mengubah persepsi sesorang mengenai peran muslim. Selama ini muslim sering jadi dijadikan tokoh jahat dalam games, film, TV. Padahal sejatinya peran muslim dalam membantu dunia sangat banyak.

Game Virtue Reality ini menunjukkan bagaimana pekerja di Islamic Relief membantu orang-orang di negara-negara yang dilanda kemiskinan. Game ini berusaha menunjukkan karakter muslim yang baik dan suka membantu di daerah yang membutuhkan.

Managing Director Ultimatum Games, Shahid Kamal Ahmad mengatakan, setelah bekerja di industri video game selama 37 tahun, ia memperhatikan media dan budaya pop sering menggambarkan umat Islam secara negatif, termasuk tokoh dalam video game.

โ€œSaat menyaksikan tokoh Islam di video game, mereka sering digambarkan sebagai teroris atau penjahat yang harus dibunuh," terang Shahid.

โ€œSaya belum pernah melihat orang-orang dari komunitas saya digambarkan dengan cara positif di video game. Seolah-olah umat muslim tidak perha menjalani hidup damai dan baik-baik saja," tambah Shahid.

Melalui video game Virtue Reality diharapkan islamofobia bisa diberantas. Video game ini tak hanya diluncurkan di Sheffield, Inggris tetapi secara bersamaan diluncurkan juga di Amerika Serikat dan Kanada.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kepala Ilmu Komputer di Silverdale School di Sheffield, Adam Russell mengatakan, peluncuran video game ini merupakan hal yang luar biasa.

โ€œIni adalah kesempatan luar biasa. Kami terus mendorong siswa kami untuk bertanya dan tidak hanya menerima norma dan batasan dunia teknologi di mana mereka terlibat," ujar Russel.

Kepala Komunikasi di Islamic Relief UK, Judith Escribano mengatakan, ia melihat video game Virtue Reality sebagai solusi untuk melawan sikap skeptis terhadap pentingnya bantuan internasional dan melawan islamofobia.

Bantuan internasional sangat penting bagi negara-negara yang membutuhkan. Namun kadang orang tak peduli dengan hal ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini