nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masjid Panggung Cordofa Lestarikan Kearifan Lokal

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 09 November 2019 18:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 09 614 2127834 masjid-panggung-cordofa-lestarikan-kearifan-lokal-VONCf33u5Z.jpg Masjid Panggung Cordofa (Foto: Ist)

Hiruk pikuk Ibu Kota Jakarta terus menggeliat. Gedung-gedung pencakar langit menambah pemandangan warga Jakarta, kebutuhan akan bangunan yang nyaman serta aman menjadi barang mewah bagi warga perkotaan. Namun jangan hanya gedung-gedung saja yang dibangun, kehadiran masjid yang memadai juga dibutuhkan masyarakat, salah satunya Masjid Panggung Cordofa.

Koordinator Pembangunan Masjid Panggung Cordofa, Iqbal mengatakan, tempat Ibadah saat ini memang mudah dijumpai. Namun belum tentu nyaman bahkan aman dari bencana, namun tidak Masjid Panggung Cordofa.

Masjid panggung 

"Selain menjadi tempat ibadah, dibangunnya Masjid Panggung Cordofa dengan model panggung mengandung filosofi tersendiri. Menghargai alam dan melestarikan kearifan lokal salah satu nilai yang terkandung dibalik kemegahan bangunan tersebut," katanya, Sabtu (8/11/2019).

Menurut Iqbal, sudah menjadi budaya turun-menurun, kalau rumah di Indonesia itu menggunakan model panggung. Makanya perlu dilestarikan budaya bangsa melalui masjid ini.

"Kami juga ingin memberikan pembelajaran membuat kelestarian lingkungan agar masyarakat tidak menebang pohon sembarangan," ujarnya.

Kehadiran Masjid Panggung Cordofa menjadi oase beribadah masyarakat di wilayah sekitar Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Masjid Panggung Cordofa sebagai Center of Excellent bukan hanya pembinaan dan peningkatan spritual namun juga dapat menambah wawasan khazanah keislaman sehingga disiapkan kajian-kajian keislaman baik fikih, tauhid, maupun sufi.

Masjid Panggung Cordofa, terang Iqbal, berdiri di atas lahan seluas 368 meter persegi, ruang utama berukuran 8x16 meter dan balkon ukuran 2x4 meter. Masjid Panggung Cordofa mampu menampung hingga 200 jamaah.

Selain menjadi masjid, bagian bawah masjid difungsikan menjadi tempat parkir. Masjid tersebut juga mengadopsi arsitektur ramah lingkungan, menggunakan tiga jenis kayu, yaitu kayu meranti, kayu puspa, dan kayu durian.

Dengan memasang 38 jendela maka masjid ini mampu menghemat daya listrik dengan memanfaatkan sirkulasi udara dan cahaya alami dari luar. Selain itu, Masjid Panggung Cordofa juga didesain menjadi bangunan yang ramah terhadap gempa.

“Kami mencoba untuk memanfaatkan energi alami dengan memasang banyak jendela di sekeliling masjid. Pendingin ruangan tetap disediakan, namun dinyalakan ketikan dibutuhkan saja."

Selain itu, Masjid Panggung Cordofa sudah didesain dapat bertahan dari gempa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini