Penang Perketat Hukum Syariah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 11 November 2019 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 11 614 2128227 penang-perketat-hukum-syariah-v7CJKfQ5KW.jpg Hukum Syariah diperketat di Penang (Foto: Free Malaysia Today)

Pemerintah Penang, Malaysia berencana memperketat hukum syariah. Terutama untuk menangani beberapa kasus serius.

Hukum syariah yang diperketat itu mengatur soal penyebaran agama lain kepada umat Islam.

 Penjara

Wakil Ketua Menteri I Ahmad Zakiyuddin Abdul Rahman mengatakan, kebijakan atau hukum tersebut sebetulnya sudah tertera pada hukum negara tahun 1996 silam. Para pelaku yang terbukti bersalah akan diadili di pengadilan sipil.

Dikutip dari Free Malaysia Today beberapa waktu lalu, Zakiyuddin menjelaskan, komite di bawah Penang Islamic Religious Council (MAINPP) juga telah menyusun draf undang-undang versi terbaru dengan mempertimbangkan dan membandingkan beberapa aspek dengan negara lain.

Undang-undang tersebut rencananya akan masuk dalam Bagian 5 dari Penetapan Pelanggaran Syariah (Penang) 1996.

Dalam undang-undang tersebut disebutkan jika tersangka terbukti bersalah menyebarkan agama lain kepada umat Islam maka harus membayar denda senilai RM 3.000 (Rp 10 juta) atau mereka dipenjara selama dua tahun.

“Undang-undang ini secara tegas akan mengadili para pelaku di pengadilan sipil. Penangkapan harus dilakukan polisi dengan bantuan penasihat hukum dari Departemen Urusan Islam,” tegas Zakiyuddin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini