Indahnya Toleransi Antar Umat Beragama, Masjid dan Kuil Hindu Ini Berdampingan dengan Damai

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 13 614 2129522 indahnya-toleransi-antar-umat-beragama-masjid-dan-kuil-hindu-ini-berdampingan-dengan-damai-TWy42CzjYD.jpg Kuil dan Masjid berdampingan dengan damai (Times of India)

Sekitar 1.500 kilometer dari Ayodhya, tepatnya di jalan sempit Desa Shirur Kasar, Bid district, Maharashtra, India terdapat kuil hindu yang bernama Hanuman. Di samping kuil tersebut berdiri Masjid Markaz. Kedua bangunan ini merupakan simbol toleransi antar umat beragama di wilayah tersebut.

Indahnya toleransi antar umat beragama, terlihat dari suasana setiap pagi di Desa Shirur Kasar. Pagi-pagi air yang berasal dari Masjid Markaz digunakan untuk membersihkan kuil di sebelahnya. Apalagi selama festival Ganesha di desa tersebut.

 Umat hindu dan muslim

Seperti dilansir dari The Times Of India, Rabu (13/11/2019), kuil dan masjid ini sudah berdiri lama selama berpuluh-puluh tahun. Bahkan dari generasi ke generasi masih tetap bertahan.

Kuil dan masjid ini merupakan simbol terjalinnya toleransi antar umat Hindu dan umat Islam di India. Hubungan saling menghormati dan saling menghargai ini telah berlangsung selama beberapa dekade.

"Rumah kami bersebelahan. Kami berbagi makanan dan kurma saat Idul Fitri, bahkan kami berbagi piring. Kami selalu ada untuk pesta pernikahan keluarga satu sama lain. Selalu seperti ini," ujar Shaikh Azim, 53 tahun.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Meski memang hidup berdampingan dengan damai, tak dipungkiri perselisihan kadang terjadi di desa tersebut. Namun konflik itu bukan karena agama, melainkan adanya persoalan lainnya.

"Ketika dua orang bertengkar di sini, itu karena perselisihan pribadi. Itu bukan karena agama," kata seorang pedagang Ajay Bagde.

Sayangnya hingga saat ini Desa Shirur Kasar masih tetap terisolasi. Meskipun lahan untuk masjid dan kuil itu masih jadi sengketa, namun umat Hindu dan muslim di sana hidup dengan damai.

Orang-orang Hindu selama ini juga membantu mengorganisir berbagai acara iftar selama bulan Ramadhan. Hingga saat ini mereka selalu hidup damai dan berdampingan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya