Wakaf Produktif, Instrumen PPPA Daarul Qur'an untuk Berikan Manfaat bagi Umat

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 14 November 2019 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 14 614 2129932 wakaf-produktif-instrumen-pppa-daarul-qur-an-untuk-berikan-manfaat-bagi-umat-y4sxOrTZMr.jpg Wakaf Produktif untuk umat (Foto: Okezone)

Wakaf harus bisa dirasakan oleh banyak orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, wakaf produktif menjadi salah satu instrumen PPPA Daarul Qur’an yang terus berupaya memberikan manfaat untuk umat Islam.

Direktur Utama PPPA Daarul Qur’an, Abdul Ghofur mengatakan, selama ini wakaf produktif terbukti mampu mensejahterakan umat. "Sebab wakaf produktif bukan hanya sekadar aktivitas pengumpulan wakaf, namun manfaatnya lebih besar lagi bagi umat dan bangsa," katanya, Kamis (14/11/2019).

 Wakaf produktif untuk membangun sekolah

Apalagi wakaf produktif terus berkembang di Indonesia. Salah satu yang sangat potensial yakni melalui wakaf saham, reksadana, dan dividennya.

Setelah resmi menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) dan nadzir wakaf tercatat di BWI pada 2018 lalu, PPPA Daarul Qur’an terus berikhtiar mengentaskan kemiskinan serta berupaya menyejahterakan umat.

“PPPA Daarul Qur’an melalui Wakaf Daarul Qur’an (Wakaf Daqu) dalam pengelolaan wakaf saham ini bekerja sama dengan Paytren Aset Manajemen (PAM) dan Samuel Sekuritas Indonesia. PAM sendiri merupakan pengelola investasi syariah pertama dan terbaik di Indonesia,” tutur Ghofur.

Status saham yang telah diwakafkan akan selamanya milik Allah. Dengan kata lain, saham tersebut tidak bisa dialihkan, diperjualbelikan, maupun diwariskan. Karenanya PPPA Daarul Qur’an mengajak seluruh masyarakat dan donatur untuk ikut menabung amal melalui wakaf.

Hasil penghimpunan dari wakaf saham, reksadana dan dividen digunakan PPPA Daarul Qur’an untuk pembangunan Institut Daarul Qur’an (Idaqu), Lembaga pendidikan setara perguruan tinggi untuk para penghafal Alquran juga masyarakat umum khususnya anak-anak dhuafa.

Oleh karena itu, PPPA Daarul Qur’an, melalui Wakaf Daqu, meluncurkan program Wakaf Saham pada Kamis, (14/11/2019).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Jadikan wakaf sebagai investasi abadi di akhirat kelak. Sejatinya harta dunia tak akan berguna sedikit pun bagi kehidupan di akhirat, kecuali harta tersebut digunakan di jalan Allah. Insya Allah, pahala dari pembangunan Idaqu untuk generasi tahfizhul alquran akan terus mengalir kepada Anda,” ucap Ghofur.

Sejatinya wakaf merupakan salah satu amal ibadah yang paling mulia bagi muslim. Sebab pahala amalan ini bukan hanya dipetik ketika pewakaf masih hidup, tetapi pahalanya juga tetap mengalir meskipun pewakaf telah meninggal dunia.

Semakin banyak orang yang memanfaatkannya, bertambah pula pahalanya. Ini semua akan dipetik pewakafnya kelak pada hari kiamat.

“Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga (macam), yaitu: sedekah jariyah (yang mengalir terus), ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR Muslim).

Imam Nawawi menyatakan bahwa hadits di atas merupakan dalil keabsahan wakaf dan besarnya pahala wakaf. Menurutnya, yang dimaksud dengan sedekah jariyah adalah wakaf. (Syarah Nawawi ‘ala Shahih Muslim, 11/85)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya