nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Oki Setiana Dewi Minta Perempuan Jangan Dilarang Pakai Cadar

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 15 November 2019 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 15 614 2130475 oki-setiana-dewi-minta-perempuan-jangan-dilarang-pakai-cadar-I74YL9UFvs.jpg Pakai Cadar (Foto: Inst)

Larangan pakai cadar di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) ternyata menjadi perhatian banyak kalangan. Bukan hanya para politisi, artis yang sering berdakwah, Oki Setiana Dewi pun ikut berkomentar.

Oki Setiana Dewi meminta agar perempuan jangan dilarang memakai cadar. Menurutnya, larangan pakai cadar bagi perempuan sangat disayangkan. Pemerintah seharusnya mampu menerima penggunaan cadar bagi seorang muslimah di manapun berada.

 Oki

Namun, ujar pemain Ketika Cinta Bertasbih, memang untuk menerima ini butuh proses panjang.

"Niqab (cadar) sesuatu yang bagus banget, kalau wajahnya menawan dan ingin melindungi diri dari fitnah. Perempuan wajib memakai sebetulnya," ucap Oki Setiana Dewi di JCC Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (5/11/2019)

Kakak Ria Riciz itu menuturkan, sama halnya ketika perempuan memakai hijab di tahun 1980-an awalnya sulit diterima.

Namun, masyarakat Indonesia sudah tak asing dengan hijab, bahkan sekarang banyak perempuan yang memilih memutuskan untuk berhijab.

Ini sesuai dengan firman Allah SWT,

Surat Al-Ahzab Ayat 59

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya: Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Bukan sekedar hijab, sambung Oki Setiana Dewi, orang-orang yang menggunakan baju syari pada tahun 2008 pun dilirik sebelah mata. Ketika itu busana syari juga belum familier di Tanah Air.

Oki mengaku, ketika pertama memakai busana syari, banyak yang memandangnya aneh.

"Dulu saya pakai baju syari tahun 2008, dari atas kepala sampai ujung kaki dilihatin orang. Karena masih dianggap aneh, tapi sekarang orang ke mal atau ke kantor sudah pakai baju syari," terang ibu tiga anak itu.

Sementara untuk perempuan yang pakai cadar, pasti butuh proses panjang. Negara perlu menerima kehadiran perempuan-perempuan bercadar ini.

"Cadar tidak salah kan sesuai ajaran Islam. Sekarang makin banyak perempuan bercadar, fungsinya ya sebagai pelindung buat kita," pungkas Oki.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan tema lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Tulisan dapat dikirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini