Share

Masalah Sudah Usai, Kiai Cholil: Reuni 212 Tak Perlu Digelar

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 25 November 2019 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 25 614 2134272 masalah-sudah-usai-kiai-cholil-reuni-212-tak-perlu-digelar-XCwyPlMFpe.jpg Ilustrasi reuni 212 (Foto: Okezone)

Reuni 212 akan digelar pada tahun ini. Rencananya reuni akbar ini akan digelar di Monas, Jakarta.

Reuni 212 ini disebut akan digelar pada pada 2 Desember 2019. Bahkan diklaim acara tersebut sudah mengantongi izin dari gubernur.

 Kiai Cholil

Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis mengatakan, reuni 212 tak perlu dilakukan lagi karena permasalahannya telah selesai.

"Enggak usah. Ini kan alumni, biasanya alumni itu kan sekolah. Kalau enggak sekolah ngapain ada alumni-alumni segala. Kan udah selesai, Ahok udah dihukum," ujarnya kepada wartawan di Kantor Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI), Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).

Kiai Cholil mengatakan, 212 itu berkiblat kepada politik. Di mana saat itu terbentuk karena adanya kasus Ahok yang dinilai menistakan Surat Al Maidah.

Kemudian, bagaimana jika reuni 212 itu sekaligus memprotes polemik Sukmawati Soekarnoputri yang membandingkan Nabi dengan Soekarno?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kiai Cholil menjawab, bahwa itu sah-sah saja. Namun ada pengecualian, ia meminta aksi itu tidak melibatkan Persatuan Alumni (PA) 212 karena konteks permasalahannya berbeda.

"Ya boleh, saya setuju-setuju aja. Tapi tidak mengatasnamakan 212, itu kan Ahok ya. Dan Ahok sudah dipenjara, sudah selesai. Kita tak usah larut ke dalam masa lalu. Mari kita menatap ke depan," terangnya.

Namun Kiai Cholil menambahkan, terkait masalah Sukmawati yang membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan ayahnya Soekarno, lebih baik kasus itu diserahkan kepada hukum.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini