Ini yang Dilakukan Para Nabi dan Sahabat saat Bertemu Jin

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 28 November 2019 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 28 614 2135606 ini-yang-dilakukan-para-nabi-dan-sahabat-saat-bertemu-jin-RRsPm3SmRK.jpg Ilustrasi jin mengganggu manusia (Foto: ICSVE)

Para nabi pada zaman dulu pernah diganggu jin, dari Nabi Ibrahim hingga Nabi Muhammad. Jin-jin tersebut memperlihatkan diri di hadapan mereka untuk menggoda iman.

 Kisah Nabi

Selain para nabi, rupanya para sahabat Nabi Muhammad juga pernah diganggu jin. Lalu bagaimana reaksi para orang suci tersebut saat bertemu dengan jin?

1. Nabi Muhammad

Pada suatu malam Rasulullah salat, lalu jin ifrit menampakkan diri, lalu beliau berdoa, "Aku berlindung kepada Allah", setelah itu beliau mencekiknya (HR Bukhari & Muslim)

 

2. Nabi Ibrahim

Dari Ibnu Abbas, beliau bercerita, "Ketika Ibrahim berhaji, tiba-tiba iblis menampakkan diri di hadapan beliau di jumrah Aqobah. Lalu Ibrahim melempar iblis itu dengan 7 batu, hingga iblis masuk ke tanah. Kejadian itu berulang 3 kali."

Ibnu Abbas berkata: “Itulah ajaran agama ayah kalian, yakni melempar Jumroh." (HR. Ibnu Khuzaimah & hakim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Umar bin Khatab

Seorang pria keluar kemudian bertemu dengan jin, tiba-tiba jin itu berkata, "Bertarunglah melawanku !"

Maka mereka berdua berduel, dan akhirnya jin itu dapat dikalahkan. Seseorang bertanya siapakah gerangan pria itu ? dijawab, "Siapa lagi kalau bukan Umar bin Khattab" (Riwayat Thabrani)

4. Khalid bin Walid

Khalid bin Walid ditugaskan Nabi Muhammad untuk menghancurkan berhala Uzza. Lalu beliau pergi ke sebuah kampung dan menemukan bahwa Uzza adalah Setan perempuan telanjang berambut acak-acakan, Khalid lalu menusuknya dengan pedang (HR Abu dawud)

 

5. Ammar bin Yasir

Ammar bin Yasir mengambil air di sumur, lalu Setan menampakkan diri. Beliau bergulat dengan Setan itu dan menghantam hidungnya dengan batu (Riwayat Baihaqi)

6. Ibnu Zubair

 

Ibnu Zubair meriwayatkan bahwa ia melihat sesosok jin laki-laki tapi tingginya hanya sejengkal (sekitar 30 cm). Lalu Ibnu Zubair bertanya : “Makhluk apa kamu ?”

Lalu Makhluk itu menjawab : “Saya Izib”.

Ibnu Zubair bertanya lagi : “Apa itu Izib ?”

Makhluk itu menjawab : “Izib ya Izib !”.

Lalu makhluk itu dipentung Ibnu Zubair dengan tongkat sampai makhluk itu lari terbirit-birit. (Al-Syibli dalam Ahkam al Jan)

7. Imam Mujahid

Sesosok jin pernah muncul mengganggu di depan Imam Mujahid, lalu beliau mengejarnya sampai jin itu jatuh. Beliau berkata, "Kalau kamu takut, mereka akan menguasaimu. Untuk itu bersikap keraslah." (Riwayat Ibnu Abi Dunya)

“Sungguh, setan itu musuh bagimu, maka perlakukanlah sebagai musuh” (QS. Fathir : 6).

Itulah sikap para orang suci saat bertemu dengan jin yang merupakan musuh yang nyata bagi manusia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya