nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Zikir Singkat dan Doa Setelah Salat Fadhu, Yuk Amalkan!

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 03 Desember 2019 07:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 03 618 2137205 ini-zikir-singkat-dan-doa-setelah-salat-fadhu-yuk-amalkan-7DuNMaqdZ4.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

SALAT lima waktu adalah kewajiban bagi Muslim. Memanjatkan doa dan zikir setelahnya juga menjadi keharusan, di mana seorang hamba meminta kepada Allah SWT sesuai dengan hajat masing-masing.

Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Masjid Agung Sunda Kelapa Ustadz Agustin Amirudin, mengatakan, Anda bisa membaca zikir pendek setelah salat fardhu, dan di selanya atau di akhirnya bisa memanjatkan doa.

"Zikir seperti biasa, diawali dengan hamdalah. Lalu istighfar tiga kali," katanya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Berikut ini rangkaian zikir setelah salat fardhu yang bisa diamalkan. Yaitu:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Astagh-firullah 3x.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Artinya: "Aku minta ampun kepada Allah,"

Kemudian, dilanjutkan dengan membaca zikir; subhanallah, Allahu akbar, Alhamdulillah masing-masing jumlahnya sebanyak tiga kali.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ،

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.

Artinya:

"Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya puji dan bagi-Nya kerajaan"

Kemudian, diakhiri dengan pembacaan doa yang biasa dibacakan ketika di pertengahan atau di akhir dzikir. Misal doa ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyiba, wa ‘amalan mutaqobbala.

Artinya:

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik)".

Demikian zikir dan doa yang bisa diamalkan sehari-hari. Tentunya amalan itu tidaklah memaakan waktu yang banyak. Oleh karena itu, yuk amalkan!

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini