Share

Dompet Dhuafa Bangun 1.100 Rumah untuk Korban Bencana di Palu, Sigi & Donggala

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 614 2137967 dompet-dhuafa-bangun-1-100-rumah-untuk-korban-bencana-di-palu-sigi-donggala-FmFI0t3wCI.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

BENCANA yang melanda sebagian wilayah Palu, Sigi, dan Donggala tahun lalu, hingga saat ini masih menyisakan pilu. Sebagian warga di sana kehilangan tempat tinggal sehingga membutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Hal ini pun menjadi perhatianย Dompet Dhuafa.

Menyikapi hal itu, Direktur Mobilisasi Zakat Infak Sedekah (ZIS) Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi menyampaikan bahwa saat ini pihaknya memiliki program utama dalam Humanesia 2019 yang berhubungan dengan pembangunan rumah untuk korban gempa dan tsunami.

Kata dia, Dompet Dhuafa akan membangun 1.100 rumah di kawasan terdampak bencana di Palu, Sigi dan Donggala.

Ilustrasi. Foto: Usatoday

"Kami akan membantu membangunnya kembali, masing-masing rumah senilai Rp50 juta," ujar Yuli kepada Okezone di kawasan Pejaten, beberapa waktu lalu.

Pembangunan rumah yang diinisiasi Dompet Dhuafa itu untuk korban bencana tersebut dimulai November 2019 dan hingga Desember ini telah selesai sekitar 500 rumah di Palu, Sigi, dan Donggala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dompet Dhuafa menargetkan pengucuran bantuan sekira Rp65 miliar untuk pembangunan rumah korban gempa dan tsunami tersebut. Dalam pembangunannya, Dompet Dhuafa bekerja sama dengan beberapa perusahaan.

Yuli menambahkan, selain dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (disingkat BNPB), ia dan tim Dompet Dhuafa sudah mengantongi data atau jumlah pengungsi. Sehingga bantuan yang akan disalurkan diyakini akan tepat sasaran.

"Kami memastikan dana yang kami berikan tepat sasaran. Kami hanya memberikan rumahnya saja, ada obat-obatanan dan keperluan kesehatan lainnya. Yang mereka butuhkan saat ini adalah tempat tinggal," katanya.

Sebelumnya, Dompet Dhuafa saat pertolongan pertama memberikan bantuan berupa tempat tinggal sementara. Kemudian alasan selanjutnya dibangun 1.100 rumah sekarang, yaitu untuk memenuhi rasa kemanusiaan. Melihat saat ini masih banyak dari pengungsi yang masih belum memiliki rumah tetap.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini