nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2020, Indonesia-UEA Kembangkan e-Learning Madrasah

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 08:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 11 614 2140471 2020-indonesia-uea-kembangkan-e-learning-madrasah-BT4Ei5lwlG.jpg Madrasah. Foto: Kemenag RI

INDONESIA-Uni Emirat Arab (UEA) berencana menerapkan e-Learning madrasah pada 2020. Di Indonesia sendiri telah ada 160 madrasah yang siap mengikuti program e-Learning.

"Programnya akan dimulai pada 2020. Ya kita ingin madrasah-madrasah kita makin berkembang lah. Sudah ada 160 madrasah yang kita siapkan dari Papua hingga Aceh," ujar Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu (11/12/2019).

Program e-Learning tersebut akan menjadi salah satu pembahasan utama dalam lawatan Presiden Joko Widodo ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, akhir pekan ini. Presiden direncanakan akan menandatangani sejumlah nota kesepemahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah UEA.

Ilustrasi. Foto: Kemenag

Salah satu MoU yang akan ditandatangani terkait sinergi pengembangan e-Learning pada madrasah. Hal ini diungkap Menteri Agama Fachrul Razi, usai mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Kunjungan Presiden ke Abu Dhabi, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Jakarta.

"Ya, tadi kita membicarakan persiapan kunjungan Presiden ke Abu Dhabi. Ada sejumlah kerja sama yang akan dilakukan, salah satunya penerapan e-learning pada madrasah," katanya. Menurut Fachrul Razi, program e-learning ini akan menyasar siswa kelas 7 pada Madrasah Tsanawiyah.

Lebih lanjut dalam rapat di Kemenko Maritim juga dibahas pembangunan rumah ibadah di Solo. Rumah ibadah tersebut, kata Fachrul Razi adalah masjid.

"Ya, rencananya akan dibangun masjid di Solo ya. Tanahnya sudah disiapkan, hibah dari Pertamina," tuturnya.

Fachrul Razi sendiri dijadwalkan akan turut menyertai Presiden Jokowi dalam lawatannya ke Abu Dhabi. "Saya akan berangkat tanggal 14 besok," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini