Penuh Makna, Ini 5 Inspirasi Nama Bayi Islami dari Keluarga Mahfud MD

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 11 614 2140508 penuh-makna-ini-5-inspirasi-nama-bayi-islami-dari-keluarga-mahfud-md-FrkwpQRYkS.jpeg Ilustrasi. Foto: New Indian Express

NAMA bayi yang disematkan orangtua tentu harus yang bermakna baik, sebab nama adalah doa atau harapan. Ini adalah ungkapan sekaligus ilmu yang diterapkan oleh masyarakat Indonesia sampai sekarang.

Salah satu yang menerapkan ilmu ini dan memetik hasil dari doanya adalah keluarga besar Menteri Koordinator Politik Hukum dan Kemanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. Ketika anak atau cucunya lahir, keluarganya memberikan nama bayi yang penuh makna dan harapan.

"Alhamdulillah, semua menyenangkan dan menenteramkan hati. Allahumma baarik lanaa dzurriyatanaa. Anak-anak dan cucu, saya beri nama sesuai dengan situasi dan harapan," tulis Mahfud MD di akun Instagramnya disertai foto bersama keluarga.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Nah bagi Anda yang sedang mencari nama bayi islami, ada baiknya menjadikan nama anak-cucuk Mahfud MD sebagai inspirasi. Lalu siapa saja nama anak-cucunya, dan apa pula artinya, berikut penjelasan sang menteri tersebut:

“Anak pertama lahir 15/3/84, ketika ramai diskusi tentang Ikhwanul Muslimin. Dokter yang menangani kelahirannya bernama, Zein. Maka ia saya beri nama Muhammad Ikhwan Zein (Ikhwan = persaudaraan; Zein = baik).

 

Anak kedua, lahir pada tahun 1989. Saat itu saya sedang suka mendengarkan lagu "CINTA" dari Vina Panduwinata. Vina dalam bahasa Arab (Fiinaa), berarti "pada diriku". Maka, anak kedua, saya namai Vina Amalia. Arti dan harapannya, "Pada diriku diberkati dengan amal-amal yang baik".

 

Anak ketiga pada tahun 1991, kala itu saya sedang studi pustaka di Columbia University (New York) untuk disertasi S3 UGM. Ketika mendapat kabar kelahirannya, saya langsung membaca Qur'an Surat al-Waqi'ah. Di sana saya menemukan kata "royhan". Maka ia saya beri nama Royhan Akbar (kegembiraan yang besar).

 

Cucu pertama saya bernama, Irada Savinova. Nama itu saya tiru dari nama isteri Ketua MK Azerbaizan (Farhad Abdullayev) isterinya bernama Irada. Irada juga kata bahasa Arab, yang menjadi salah satu sifat Wajib Allah, yakni, "iradah" (yang maha berkehendak).

Cucu kedua dinamai Majda Elya Shakira. Dalam bahasa Arab, Majda berarti "sukses", Elya (aliya) berarti tinggi (baik), Shakira (syakira) berarti syukur (disyukuri). Mahda Elya Shakira artinya (Kesuksesan yang baik yang harus disyukuri). "Laa hawla walaa quwwata illaa billaah".

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke redaksi.okezone@mncgroup.com, cc okezone.lifestyle2017@gmail.com.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini