Biar Gak Takut Lewat Kuburan, Ini Bacaan Doanya!

Nada Husna, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 15 618 2142207 biar-gak-takut-lewat-kuburan-ini-bacaan-doanya-e9pBJMG6l2.jpg Ilustrasi Doa. (Foto: Shutterstock)

KEMATIAN adalah suatu kepastian dan akhir dari kehidupan seseorang. Setiap manusia yang bernyawa pasti akan mengalami kematian.

Meskipun ia menghindar lalu bersembunyi di lubang semut pun, kematian akan tetap datang menghapirinya. Anda mungkin memiliki sanak saudara yang telah meninggal dunia dan mendoakannya di setiap akhir salat.

Kemudian baru melakukan ziarah kubur ke makam sanak saudaranya menjelang bulan Ramadan atau setelah pulang salat Idul Fitri. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan umat Islam di Indonesia. Padahal ziarah kubur bisa dilakukan kapan saja.

 Doa lewat makam

Tak banyak umat Islam yang mengetahui adab ketika memasuki atau melewati area kuburan. Orang yang sudah tahu pun terkadang lupa untuk mengamalkannya.

Tujuan ziarah kubur sendiri untuk mengingatkan peziarah bahwa kehidupan di dunia ini tidak kekal dan mereka pasti akan menyusul mayitnya juga.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya aku dahulu telah melarang kalian untuk berziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah karena akan bisa mengingatkan kalian kepada akhirat dan akan menambah kebaikan bagi kalian.” (HR. Muslim).

Adab ketika Anda memasuki kuburan sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ialah dengan mengucapkan salam sekaligus berdoa. Berikut ini doa memasuki area kuburan.

Sebagaimana yang diriwayatkan imam Muslim :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُهُمْ إِذَا خَرَجُوا إِلَى الْمَقَابِرِ (السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ)

Nabi SAW. mengajarkan mereka (para sahabat), apabila memasuki area kuburan agar berdoa: “Salam sejahtera atas kamu sekalian wahai penduduk kuburan kaum mukminin dan Muslimin. Dan jika Allah menghendaki, kami akan menyusulmu. Kami memohon kepada Allah untuk kami dan untuk kamu sekalian agar sejahtera.”(HR. Muslim).

Doa lewat makam

Namun, bagaimana jika Anda hanya sekadar melewati kuburan. Rasulullah SAW mengajarkan doa ini.

مَرَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقُبُورِ الْمَدِينَةِ فَأَقْبَلَ عَلَيْهِمْ بِوَجْهِهِ ، فَقَالَ : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ القُبُورِ ، يَغْفِرُ اللَّهُ لَنَا وَلَكُمْ ، أَنْتُمْ سَلَفُنَا ، وَنَحْنُ بِالأَثَرِ.

Nabi SAW melewati kuburan di Madinah, kemudian beliau memalingkan wajahnya (ke arah kuburan), dan berdoa: “Salam sejahtera atas kamu sekalian wahai penghuni kubur. Semoga Allah mengampuni kami dan kamu sekalian. Kamu mendahului kami dan kamipun akan menyusul.” (HR. Al-Tirmidzi).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya