nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bantu Korban Banjir Jakarta dan Sekitarnya, GP Ansor Kerahkan Tim Bagana

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 14:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 02 614 2148492 bantu-korban-banjir-jakarta-dan-sekitarnya-gp-ansor-kerahkan-tim-bagana-EagF78UZiK.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

SEBAGIAN wilayah Jakarta dan sekitarnya direndam banjir sejak kemarin hingga sekarang, Kamis (2/1/2020). Mengetahui hal tersebut, Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) yang merupakan ketua umum organisasi Islam Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) menyampaikan ucapan duka cita mendalam bencana yang memakan korban tersebut.

“Saya atas nama pribadi dan seluruh pengurus dan kader Ansor – Banser seluruh Indonesia menyampaikan duka cita mendalam atas korban meninggal akibat bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya. Semoga korban mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan tabah dalam menghadapi cobaan ini,” ujarnya lewat keterangan tertulis yang diterima Okezone.

Lebih lanjut Gus Yaqut mengatakan pihaknya telah menerjunkan Tim Banser Tanggap Bencana (Bagana) ke lokasi-lokasi bencana guna membantu penanganan korban, seperti untuk melakukan evakuasi hingga membantu menyalurkan logistik.

“GP Ansor bekerja sama dengan aparat terkait seperti kepolisian, BNPB, pemerintah daerah melakukan evakuasi korban. Selain itu, mendirikan posko-posko siaga sebagai pusat informasi dan pelayanan publik, juga menampung bantuan logistik dari masyarakat yang ingin membantu korban, termasuk juga mengkoordinasikan pelayanan kesehatan dan bantuan kemanusiaan lainnya,” ucapnya.

Sejauh ini, kata Gus Yaqut, Ansor dan Banser telah mendirikan posko siaga di seluruh wilayah di Jakarta, Gunung Puteri-Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Banten.

Sementara, Sekretaris Wilayah GP Ansor DKI Jakarta Dendy Finza mengatakan, pihaknya telah mendirikan posko di Ciberang, Lebak, Provinsi Banten; Kalideres, Cengkareng; Grogol Petamburan, Jakarta Barat; Pulojahe, Pulogadung; Cawang, Jakarta Timur; Bantaran Ciliwung wilayah Jakarta Timur; Tanah Abang, Jakarta Pusat; Kemang dan Ciganjur, Jakarta Selatan; Cileungsi, Villa Nusa Indah Bogor; dan Bekasi.

Dendy mengatakan, Banser berkoordinasi dengan aparat melakukan proses penyelamatan di titik-titik banjir. Misi utamanya melakukan evakuasi dan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat terkait akses dan pengawalan daerah berbahaya, serta membagikan bantuan logistik bagi daerah terdampak.

“Evakuasi yang medannya berat dilakukan dengan perahu karet, seperti di wilayah Jakarta Barat, Selatan, dan Villa Nusa Indah, Bogor, di mana Banser menyelamatkan bayi yang terdampak bencana banjir di sana,” ungkapnya.

Posko Banser yang berada di wilayah terdampak, lanjutnya, masih akan terus melayani masyarakat selama bencana banjir ini masih memerlukan perhatian.

Sementara itu Ketua PC GP Ansor Jakarta Barat Alfanny menambahkan, pihaknya membuka posko bantuan banjir di empat lokasi yaitu Kalideres, Cengkareng, Grogol Petamburan, dan Kebon Jeruk. Hal ini dilakukan sebagai khidmah pihaknya dalam kemanusian.

“Ini saatnya saling bersinergi membantu korban banjir. GP Ansor-Banser Jakbar bergerak cepat membantu warga dengan mendirikan posko banjir di empat lokasi,” papar Alfanny. Prioritas yang dibutuhkan warga saat ini adalah makanan cepat saji seperti nasi bungkus dan roti, obat-obatan ringan, tikar untuk tidur dan lain-lain.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 16 orang meninggal dunia akibat banjir di Jabodetabek pada awal tahun 2020 ini. Ke-16 korban banjir tersebut merupakan warga DKI Jakarta, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

"Sampai saat ini data yang berhasil BNPB kumpulkan terdapat 16 orang meninggal akibat banjir dengan rincian DKI Jakarta 8, Kota Bekasi 1, Kota Depok 3, Kota Bogor 1, Kabupaten Bogor 1, Kota Tangerang 1, dan Tangerang Selatan 1," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Kamis (2/1/2020).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini