Share

Cari Makanan Halal di Luar Negeri, Ini 7 Aplikasi untuk Anda

Suherni, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 07 615 2150285 cari-makanan-halal-di-luar-negeri-ini-7-aplikasi-untuk-anda-s0nyIIpz30.jpg Makanan halal (Foto: VOA)

Mencari makanan halal ketika jalan-jalan keluar negeri merupakan kebutuhan bagi traveler muslim.

Namun tenang saja, traveler bisa membekali diri dengan menggunakan aplikasi untuk menemukan makanan halal dengan mudah.

Dilansir dari halalzilla, ini tujuh aplikasi pencari makanan halal yang bisa membantu Anda saat melakukan traveling ke luar negeri. Simak ya.

1. Crave Halal

 Aplikasi cari makanan halal

Aplikasi Crave Halal merupakan aplikasi yang mencakup restoran di Korea Selatan, Amerika Serikat dan Kanada. Mereka menawarkan database yang terbaru dan terpercaya. Untuk memastikan hal ini, tim belakang aplikasi Crave Halal langsung menghubungi setiap restoran secara manual untuk memverifikasi status halal mereka. Hal ini terbilang luar biasa, karena database mereka memiliki lebih dari 13.000 restoran halal.

Pada aplikasi ini, pengguna juga bisa melihat restoran halal paling populer di daerah tertentu, sekaligus membuka peta untuk memeriksa seberapa banyak pilihan restoran halal yang terdekat dengan mereka. Aplikasi Crave Halal tersedia di iOS dan Android.

 

2. Halal Navi

Di luncurkan pada 2014 oleh ahli IT asal Malaysia, yang belajar dan bekerja di Tokyo, aplikasi Halal Navi yang fokus di Jepang ini mengandalkan komunitas untuk memverifikasi restoran dengan status halalnya, bebas dari unsur babi atau vegetarian. Untuk bisa masuk dalam daftar, restoran setidaknya harus menyajikan sejumlah sajian bebas daging atau seafood tanpa alkohol. Lebih dari 80.000 pengguna yang sudah terdaftar dengan standar keagamaan bisa memilih makan di restoran ini dengan keputusan mereka sendiri.

Selain memberikan petunjuk bagi muslim untuk menemukan makanan halal, Halal Navi memperbolehkan pengguna untuk berhubungan dengan komunitas yang membagi tips dan ulasan. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi untuk menemukan penjual bahan makanan halal, tempat ibadah dan masjid.

Meskipun database Halal Navi berfokus ke Jepang, aplikasi ini mulai melebarkan sayapnya ke Korea Selatan, Thailand, dan Jerman. Aplikasi Halal Navi tersedia untuk iOS dan Android.

3. Halal Advisor

Seperti dilansir dari Halal Zilla, Halal Advisor telah menawarkan lebih dari 2.000 restoran makanan halal. Aplikasi ini memudahkan pengguna di Australia menemukan restoran halal, termasuk untuk mengirim layanan pembeli hingga jarak 50 kilometer. Fitur lain yang termasuk di dalamnya adalah ulasan, foto, peringkat dan peta.

Aplikasi Halal Advisor didirikan oleh Aladdin Moukhallalat setelah menemukan dalam data sensus 2016 bahwa sekitar 2,6 persen warga Australia adalah muslim. Aplikasi ini bisa digunakan di iOS dan Android.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Verify Halal

 Aplikasi cari makanan halal

Aplikasi Verify Halal melakukan hal yang sesuai dengan namanya, memastikan apakah makanan halal atau tidak. Aplikasi yang merupakan inisiatif JAKIM Malaysia (Dewan Pengembangan Islam Malaysia) untuk membantu muslim menemukan produk yang halal.

Aplikasi ini terhubung dengan 6.000 perusahaan lokal dan 60 badan sertifikasi global dari Australia hingga Taiwan dan Afrika Selatan. Jumlah ini terus berkembang dari ratusan menjadi ribuan dari seluruh dunia.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna harus melakukan pemindaian pada produk atau mengetik nama pada kolom pencarian. Aplikasi ini juga membantu ketika berbelanja di supermarket untuk produk makanan seperti camilan dan coklat. Aplikasi Verify Halal tersedia di iOS dan Android.

5. Scan Halal

Mirip dengan Verify Halal, Scan Halal juga membantu pengguna untuk memeriksa apakah produk tertentu haram atau tidak. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu melihat atau membaca kandungan produk apakah ini ramah bagi muslim atau tidak.

Database Scan Halal saat ini mencakup lebih dari 700.000 produk di Amerika Serikat dan Kanada. Sudah banyak Muslim yang menggunakan aplikasi ini karena kemudahannya. Dalam waktu dekat, aplikasi Scan Halal akan melebarkan sayap ke Amerika Serikat, Prancis dan Jerman. Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android.

6. Zabihah

 Aplikasi cari makanan halal

Zabihah merupakan aplikasi yang cukup familiar bagi kalangan traveler muslim. Zabihah sendiri merupakan website yang mengklaim sebagai panduan terbesar untuk mencari pasar dan restoran halal di dunia. Website ini terus tumbuh dari akhir tahun 1990-an hingga menjadi salah satu aplikasi terkenal dengan pengikut yang loyal.

Zabihah menampilkan restoran, pasar dan masjid di negara-negara Amerika Utara, Eropa, Australia, Singapura, Hong Kong dan Afrika. Pengguna aplikasi Zabihah juga bisa memeriksa restoran secara terperinci, mulai dari keotentikan sertifikat halalnya, alamat, jam buka, harga hingga peringkatnya.

7. Halal Dining Club

Diluncurkan pada 2016, Halal Dining Club kini memiliki lebih dari 90.000 anggota yang sudah terdaftar. Aplikasi ini memberikan ribuan informasi restoran di selurun dunia, meskipun ada sembilan kota tertentu yang memiliki informasi yang cukup komprehensif, yaitu Singapura, Bangkok, Hong Kong (Kowloon), London, Paris, New York, Toronto, Manchester dan Birmingham.

Selain memudahkan pencarian restoran bersertifikat halal, aplikasi Halal Dining Club memperbolehkan penggunanya untuk membaca kembali buku menu restoran untuk mendapatkan poin loyalitas.Aplikasi Halal Dining Club tersedia di iOS dan Android.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini