3 Manfaat Beristighfar, Pertama Jadi Jalan Keluar Atas Segala Kesulitan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 15 330 2153027 3-manfaat-beristighfar-pertama-jadi-jalan-keluar-atas-segala-kesulitan-16X8Af9aHw.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

BERISTIGHFAR merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ibadah ini juga sudah menjadi kebutuhan umat Islam karena diyakini sebagai pereda resah atau bisa menenangkan hati.

Dilansir dari laman resmi Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah (Jatman), terdapat banyak manfaat beristighfar. Dalam kitab Abwabul Faraj karya Syekh Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al Maliki Al Hasani terdapat satu bab berjudul Bab Istighfar.

Ulama Ahlussunnah wal Jamaah yang semasa hidupnya tinggal dan mengajar di Tanah Suci Makah ini menguraikan manfaat beristighfar, tiga di antaranya:

1. Menjadi Sebab Mudah Datangnya Rezeki dan Mendapatkan Jalan Keluar

Rasul SAW bersabda:

” مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Siapa yang melazimkan beristighfar, maka Allah jadikan baginya jalan keluar atas segala kesulitannya. Allah juga akan memberikan kelapangan atas segala kesempitan dan kesusahannya. Serta memberinya rezeki dari jalan yang tak disangka-sangka. (HR. Abu Dawud, An Nasa’i, Ibnu Majah, dan Hakim).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Dengan Beristighfar, Allah Mengampuni Dosamu

Rasul SAW bersabda:

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ، وَلَا أُبَالِي. يَا ابْنَ آدَمَ، لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي. يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا، ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً

Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, sungguh selama engkau berdoa kepada-Ku dan berharap kepada-Ku, niscaya Aku ampuni semua dosa yang ada pada dirimu, dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu sampai setinggi awan di langit, kemudian engkau memohon ampunan kepada-Ku, niscaya Aku ampuni dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya engkau mendatangi-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi, kemudian menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan Aku sedikit pun, tentulah Aku akan memberikan pengampunan sepenuh bumi. (HR. Tirmidzi).

3. Terhindar dari Azab pada Hari Kiamat

Rasul SAW bersabda:

ما من مسلم يعمل ذنبا إلا وقف الملك ثلاث ساعات فإن استغفر من ذنبه لم يكتبه عليه ولم يعذبه الله يوم القيامة

Tidaklah seorang muslim berbuat dosa kecuali Malaikat berdiri selama tiga saat (jam). Bila ia beristighfar dari dosanya maka malaikat itu tidak mencatatnya dan Allah tidak akan menyiksanya pada hari kiamat. (HR. Hakim).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya