Ternyata Kurma Nabi Dapat Mencegah Kanker, Ini Hasil Penelitiannya

Nada Husna, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 616 2153794 ternyata-kurma-nabi-dapat-mencegah-kanker-ini-hasil-penelitiannya-j30ILwiI7E.jpg Kurma Nabi Dapat Mencegah Kanker (Foto: Zasterdaily)

Umat Islam di seluruh dunia pasti sudah akrab dengan kurma. Popularitas buah kurma kian menjulang tinggi saat Ramadan tiba. Tapi tahukah Anda ternyata kurma Ajwa atau kurma Nabi dapat mencegah kanker?

Sebuah penelitian terbaru telah menemukan bukti bahwa kurma Ajwa atau kurma Nabi yang berasal dari Madinah mengandung unsur-unsur aktif yang berguna dalam pencegahan penyakit, seperti kanker.

Obat Kanker

Penelitian ini dilakukan di King Saud University (KSU) Riyadh untuk menemukan manfaat kesehatan dari kurma Ajwa.

Dari penelitian tersebut didapatkan fakta bahwa kurma Ajwa atau kurma Nabi dapat mencegah kanker karena memiliki sifat anti-inflamasi yang mirip dengan obat yang tersedia secara komersial, yaitu ibuprofen dan aspirin.

Kebun Kurma Madinah

Studi ini menemukan fakta bahwa tingkat penghambatan di kurma Ajwa atau kurma Nabi sama dengan produk anti-oksidan komersial yang tersedia di pasar.

“Penelitian tersebut diterbitkan dalam edisi ke-61 jurnal pertanian dan kimia makanan di Amerika Serikat,” kata seorang pejabat KSU, dikutip dari Arabnews.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Pejabat itu mengatakan bahwa profesor Muraleedharan Nair, kepala laboratorium bahan alami di Universitas Michigan, melakukan penelitian dan bekerja sama dengan ketua penelitian kurma KSU. Sejumlah peneliti dari kedua universitas berpartisipasi dalam riset ini.

Saleh A. Aldosari, salah seorang peneliti, mengatakan, riset ini adalah yang pertama di antara serangkaian studi yang dilakukan untuk mempelajari jenis-jenis kurma di Arab Saudi.

Proyek penelitian ini didukung oleh KSU serta King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) dan rencana nasional Kerajaan untuk proyek penelitian.

Kurma Ajwa yang berwarna coklat tua dari wilayah Madinah selama ini dikenal karena kelembutan dan kekeringan dagingnya serta harga yang mahal di pasaran.

Jauh sebelum penelitian ini dilakukan, Nabi Muhammad SAW telah menyebutkan sederet manfaat kurma Ajwa, di antaranya dapat mencegah penyakit tertentu.

Menurut para ahli kesehatan, kurma Ajwa mengandung banyak glikosida flavonoid, yang memiliki sifat anti-oksidan. Di luar manfaat anti-oksidan dan anti-inflamasi, gula dalam kurma Ajwa hanya mengandung monosaccharaides yang bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes tipe 2.

Kurma ajwa atau kurma Nabi juga ditemukan memiliki efek penghambatan siklo-oksigenase yang mirip dengan obat antiinflamasi komersial seperti aspirin, ibuprofen, celebrex dan naproxen.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya