Barzah Sediakan Layanan Gratis Mobil Jenazah

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 25 Januari 2020 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 25 614 2158272 barzah-sediakan-layanan-gratis-mobil-jenazah-yozOItNjlb.jpg Ilustrasi. Mobil Ambulans Kemenkes (Foto: Okezone)

Problem keterbatasan mobil jenazah acapkali membuat masyarakat yang tengah dirundung duka kebingungan. Namun, kemajuan teknologi menjawabnya, dengan menghubungkan pihak yang membutuhkan dan penyedia layanan gratis.

Hadir lebih dulu dengan layanan memandikan, mengafani, mensalatkan dan menguburkan jenazah, kini Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah) mengembangkan aplikasi layanan mobil jenazah gratis.

“Waktu terus berjalan dari 2012 hingga 2019, ternyata kebutuhan masyarakat akan kendaraan jenazah tinggi sekali. Ditambah keterbatasan armada jenazah yang kami miliki. Sementara di sisi lainnya, masyarakat yang memiliki armada jenazah, kurang memaksimalkan pemanfaatannya,” ujar Ustadz Ahmad Shonhaji, Direktur Budaya, Dakwah dan Layanan Masyarakat Barzah Dompet Dhuafa, melalui siaran pers.

Gagasan munculnya layanan ini bermula dari banyaknya problematika saat mereka yang tengah dirundung duka kebingungan memulangkan jenazah sanak saudaranya, lantaran ketiadaan akses mobil jenazah.

Fenomena tersebut terjadi ketika masyarakat sulit mengakses mobil jenazah karena berbagai macam persoalan yang ada. Baik informasi dan akses yang tidak sampai, biaya yang tidak terjangkau, bahkan keterbatasan mobil jenazah, sehingga ada beberapa kasus jenazah dibawa sendiri oleh sanak saudaranya dengan kendaraan yang tidak layak untuk membawa jenazah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sadar tak bisa jalan sendiri karena banyak kendala, Ustadz Ahmad Shonhaji menyatakan pihaknya berkolaborasi dengan berbagai lembaga.

“Kami berkolaborasi dengan masjid, instansi, mitra-mitra kita, dan menggandengnya menjadi mitra Barzah. Upaya tersebut untuk memudahkan akses layanan Barzah kepada masyarakat berdasarkan wilayahnya,” terangnya.

Dengan hadirnya aplikasi Barzah maka kehadiran 41 mitra barzah dan optimalisasi armada jenazah tersebut bisa mempercepat, serta mempermudah masyarakat mendapatkan manfaatnya. Layanan jenazah sejak Juni 2012 hingga Desember 2019, telah melayani pemulasaran jenazah sebanyak 4.039 Jenazah.

Semua orang, kata Ustadz Ahmad Shonhaji, berhak mendapatkan pelayanan Barzah dengan mudah, bahkan melalui aplikasi. Aplikasi tersebut di awal kehadirannya ini, tak berbayar alias gratis. Namun, developer aplikasi menyiapkan kolom infak bagi masyarakat yang ingin berinfak atas layanan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya