Ini Shalawat dan Doa Memohon Perlindungan dari Virus Korona

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 31 618 2161082 ini-shalawat-dan-doa-memohon-perlindungan-dari-virus-korona-4hBDGeOmcm.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

SAAT ini berbagai pihak berupaya menanggulangi wabah penyakit yang disebabkan virus Korona. Para ilmuwan mencari vaksinnya, sedangkan masyarakat berikhtiar menghindari penularan penyakit tersebut. 

Di samping itu semua, umat Islam dianjurkan banyak-bayak memanjatkan doa supaya senantiasa dilindungi Allah SWT dari virus Korona

Lebih lanjut, berdoa sebenarnya perintah yang tertulis dalam Surah Al Ghafur ayat 60. Dalam pemaparan Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Qurratul Adawiyah, sebagaimana dikutip dari laman Tebuireng pada Jumat (31/1/2020), Ali bin Muhammad al-Mawardi menjelaskan pandangan As-Sadiy tentang makna kata Ud’uni’ dalam surat Al Ghafur ayat 60.

Menurut As-Sadiy, kata tersebut bermakna perintah agar manusia meminta segala sesuatu kepada Allah SWT, maksudnya meskipun Allah maha pengatur, Allah masih memberikan celah bagi hamba-Nya untuk menyampaikan keinginannya supaya terpenuhi.

Meskipun doa tidak serta merta menjadikan seseorang itu sukses atau kaya, namun doa dapat memunculkan kekuatan yang luar biasa pada diri manusia. Apalagi Allah SWT telah berfirman, “Berdoalah kepada-Ku niscaya Aku kabulkan untukmu.”(Q. S. Al-Mu’minun : 60).

Setidaknya doa akan membuat keyakianan bertambah bahwa yang dimohonkan itu akan menjadi tercapai. Hal ini akan menjadi sugesti dan dorogan moral yang kuat dalam usaha untuk mencapai apa yang diinginkan tersebut.

Apalagi pada zaman sekarang banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh manusia secara tiba-tiba, seperti akhir-akhir ini yang terjadi di China, wabah penyakit akibat virus Korona yang menyebabkan lebh dari 100 orang tewas dan ratusan lainnya terinfeksi.

Nah setelah berikhtiar menghindari kontak dengan pemicu penularan virus korona, langkah selanjutnya, tentunya memita perlindungan kepada Allah SWT lewat doa.

Doa yang dapat dibaca untuk menghindari penularan wabah penyakit tersebut yaitu:

تحصنت بذى العزة والجبروت واعتصمت بالملك والملكوت وتوكلت على الحي الذى لايموت اصرف عنا البلاء والوباءانك على كل شيئ قدير

“Kubentengi diriku dengan pertolongan zat yang memiliki kemuliaan dan kekuasaan, dan aku berpegang teguh dengan penguasa jagat raya, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, dan kuserahkan diriku kepada zat yang maha hidup, yang tak akan mati, jauhkanlah kami dari cobaan dan wabah, sesugguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu.”

Doa amalan para salaf ini sangat bermanfaat untuk penjagaan diri sendiri dan keluarga. Membentengi dari virus atau penyakit-penyakit bahaya yang mematikan, untuk pengamalannya dibaca sebanyak tiga kali setiap usai salat Subuh dan Maghrib, dan tiga kali setiap ke luar rumah.

Terdapat juga bacaan salawat sebagai penolak wabah penyakit:

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد صلاة تدفع بهاعنا الطعن والطاعون يا امره اذا اراد شيئا ان يقول له كن فيكون

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjugan kami, Nabi Muhammad SAW, dan keluarganya dengan rahmat yang engkau menolak dengannya dari kami tusukan jin dan tha’un. Wahai Dzat yang urusannya jika menghendaki sesuatu dengan berkata kepadanya, “kun fayakuun” (jadilah, maka jadilah ia).”

Keutamaan, salawat ini dapat menolak wabah penyakit. Dianjurkan dibaca sebanyak-banyaknya ketika banyak orang yang menderita sakit dan meninggal dunia, dan juga dapat menambahkan kuat pendirian dan keyakinan pada keagungan Allah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini