Ustadz Dhanu: Manusia Zalim Sudah Direncanakan Kematiannya dalam Alquran

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 614 2167358 ustadz-dhanu-manusia-zalim-sudah-direncanakan-kematiannya-dalam-alquran-f0Ye9RiXlI.jpg Ustadz Dhanu (foto: Ist)

SETIAP perbuatan manusia baik dan buruknya akan dicatat oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Selain itu semua takdir manusia juga telah tertulis di dalam Alquran, hal ini juga disampaikan dai kondang Djoko Ismanu Herlambang atau akrab disapa Ustadz Dhanu.

Dikutip dari MNCTV Official dalam acara Siraman Qolbu, Ustadz Dhanu, mengatakan, berbaik kepada manusia adalah jadi keharusan, khususnya kepada sesama muslim. Namun di sisi lain, berbuat baik kepada makhluk Allah yang lainnya juga menjadi kewajiban.

"Berbuat baik kepada sesama manusia, jangan cuma kepada sesama manusia tapi kepada semua makhluk Allah. Tapi kalau cuma berbuat baik kepada manusia nanti pohon ditebang semuanya, karena disuruhnya berbuat baik kepada manusia, pohon enggak, hewan enggak malah dihabisin nanti," katanya.

Dhanu menuturkan, dalam Alquran setiap perbuatan manusia sudah dicatat dan hal ini banyak manusia yang tidak menyadarinya, yaitu terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 195:

...وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

...wa lā tulqụ bi`aidīkum ilat-tahlukati wa aḥsinụ, innallāha yuḥibbul-muḥsinīn

Artinya: "...Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik".

Lebih lanjut, kata Dhanu, ayat tersebut sangat memberi peringatan kepada setiap insan, siapapun orang yang melakukan perbuatan dosa, maka Allah sudah menuliskannya di dalam ayat tersebut.

"Jadi seseorang yang dia berbuat dosa, berbuat zalim, aniaya tidak baik dia sudah merencanakan kematiannya dari ayat ini," terangnya.

Ustadz Dhanu mengatakan, semua yang ada di dalam Alquran adalah petunjuk bagi Hamba Allah. Namun sayangnya manusia tidak pernah mengungkapkannya, kemudian ayat tersebut adalah cerminan bagaimana seseorang meninggal dunia.

"jadi sebenarnya ayat-ayat ini menandakan itulah Allah, (perbuatan) yang sudah ditulis di quran cuma orang enggak pernah tahu," katanya.

Untuk itu Allah pun memerintahkan manusia agar selalu berbuat baik. "Berbuat baik itu apa saja? Mulut kita berbuat baik, otak kita berbuat baik, ada kanker otak ada tumor otak karena otaknya dipikirin untuk melakukan pikiran-pikiran yang tidak baik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini