Petunjuk untuk Muslimah, Begini Hukum dan Masa Nifas

Suherni, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 330 2171497 petunjuk-untuk-muslimah-begini-hukum-dan-masa-nifas-3dkD5Yaqkp.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

NIFAS ialah darah yang keluar karena melahirkan, meskipun keguguran. Tidak ada batasan minimal dari darah nifas, tetapi masa nifas paling lama dalam keadaan normal ialah 40 hari. Jika lebih dari masa itu, sementara tidak bertepatan dengan kebiasaan datangnya masa haid, darah tersebut adalah darah istihadhah. Jika merasa bersih sebelum itu (40 hari), ia harus mandi dan melaksanakan salat serta ibadah lainnya.

Secara rinci berikut hukum-hukum terkait nifas sebagaimana dikutip dari halaman 72-73 buku Bimbingan Islam Untuk Hidup Muslimah yang disusun DR. Ahmad Hatta, MA dkk:

1. Jika seorang wanita melahirkan dan tidak menemukan darah, tetapi seperti ini jarang sekali terjadi, ia cukup berwudhu dan melaksanakan salat seperti biasa, dan tidak perlu mandi besar.

2. Jika darah nifas terus mengalir setelah 40 hari, sedang kebiasaannya ialah kurang dari itu, ia menunggu sampai berhenti, dan jika masih terus berlanjut, dianggap darah Istihadhah.

3. Jika darah nifas berhenti sebelum 40 hari, ia dianggap bersih dan diwajibkan mandi besar serta melaksanakan ibadah seperti biasa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Jika darah nifas berhenti, kemudian keluar lagi sebelum masa 40 hari berakhir dan ia mengetahui bahwa itu darah nifas, dihitung sebagai masa nifas. Namun, jika tidak, ia dianggap dalam keadaan bersih.

5. Jika seorang wanita keguguran sebelum 40 hari kehamilan dan keluar darah, tidak dianggap darah nifas. Namun, jika kegugurannya di usia 80 hari, dianggap darah nifas.

Sedangkan, jika keguguran antara 40-80 hari, dilihat apakah bayinya telah berbentuk manusia atau belum. Jika belum berbentuk manusia, dianggap bukan darah nifas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya