Deretan Masjid Cantik di Malaysia, Nomor 1 Berusia Seabad Lebih

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 615 2174869 deretan-masjid-cantik-di-malaysia-nomor-1-berusia-seabad-lebih-hcKsvW85C8.jpg source: the culture trip

MALAYSIA merupakan salah satu negara dengan mayoritas penduduk yang beragam Islam. Dilansir dari The Culture Trip pada Kamis (27/7/2020), masyarakat muslim di Malaysia lebih memilih untuk melaksanakan salat berjamaah di masjid ketimbang di rumah.

Kendati demikian, para muslim traveler tak perlu khawatir mau salat dimana ketika adzan berkumandang. Karena pastinya kamu dapat dengan mudah menemui masjid dengan mudah. Kali ini, Okezone merekomendasikan kamu untuk mengunjungi masjid-masjid di bawah ini. Selain karena bangunannya yang cantik, masjid ini juga menyimpan kisahnya masing-masing lho.

Masjid Jamek

ist

Dijuluki sebagai Masjid Jumat, Masjid Jamek dibangun pada 1907 ditengah pemakaman Melayu pertama di Kuala Lumpur. Ini adalah masjid tertua di Malaysia.

Arsitektur masjid memiliki kombinasi Moor, Islam, dan Magul. Indahnya gaya arsitektur kuno dengan tiga kubah dan dua menara tinggi dengan garis-garis merah dan putih di aula masjid.

Masjid Putra

ist

Masjid Putra ini dibangun menghadap danau sehingga memiliki pemandangan yang asri nan cantik. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang memiliki jamaah terbanyak di Putrajaya. Masjid ini memiliki campuran desain modern dan tradisional yang dibuat dengan keahlian lokal dan bahan-bahan asli.

Desain Masjid Putra terinspirasi oleh desain Masjid Sheikh Omar di Baghdad. Berangkat dari sana, desain Masjid Putra memiliki kombinasi detail arsitektur Malaysia, Persia-Islam, dan Arab-Islam. Dengan kubah utama berdiameter 36, aula masjid yang elegan didukung dengan 12 kolom.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

ist

Masjid Federal

Masjid Federal berada di dekat Kompleks Kantor Pemerintah. Desain masjid sangat dipengaruhi oleh Masjid Biru Turki - perpaduan detail arsitektur Ottoman dan Melayu. Terdapat 22 kubah indah yang terbuat dari bahan komposit serat gelas dan epoksi, yang ringan dan tahan lama.

Taman di halaman masjid membuat rumah ibadah ini memiliki pemandangan yang menakjubkan, yang dikelilingi oleh parit. Katanya, sekitar 17 ribu jamaah ribu datang ke masjid ini untuk melaksanakan salat setiap harinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini