Menilik Masjid Tertua di Bali Berumur 800 Tahun, Jejak Masuknya Islam di Pulau Dewata

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 615 2177912 menilik-masjid-tertua-di-bali-berumur-800-tahun-jejak-masuknya-islam-di-pulau-dewata-NDTQtshQ1R.jpg foto:pesona.travel

PULAU Bali dikenal sebagai Pulau Dewata dengan mayoritas penduduk menganut agama Hindu. Namun siapa sangka, diantara ritual terhadap Sang Hyang Tunggal, terselip nafas Islam terembus. Salah satunya lewat keberadaan masjid tertua Bali yakni Masjid Nurul Huda.

Dilansir dari pesona.travel, tempat ibadah ini awalnya dibangun pada abad ke-13 dan merupakan jejak masuknya Islam di Bali. Setelah direnovasi beberapa kali, masjid tertua di Bali kini tampak terlihat megah dan modern.

Nuansa warisan masa lalu masih dapat ditemukan di bagian menara yang menjulang tinggi dan ukiran pada pintu yang berbahan dasar kayu.

ist

poto: pesona.travel

Nilai sejarah dari Masjid Nurul Huda berawal ketika pada zaman Majapahit, Raja Hayam Wuruk mengadakan pertemuan dengan raja-raja Nusantara. Raja Gelgel saat itu, Dalem Ketut Klesir (1380-1460), diiringi oleh 40 prajurit Majapahit yang beragama Islam. Ketika pertemuan selesai, mereka meminta izin menyebarkan agama Islam dan membangun tempat ibadah. Jadilah Masjid Nurul Huda.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menara dengan gaya arsitektur Islam berdiri tegak nan megah di tengah kediaman penduduk Desa Gelgel, Klungkung, Bali. Dengan tinggi 17 meter, menara itu menjadi salah satu bagian dari Masjid Nurul Huda yang merupakan masjid tertua di Bali.

Mayoritas penduduk di sekitar masjid beragama Islam. Ada sekitar 300 kepala keluarga yang menetap di sana. Tidak hanya warga Bali, ada banyak penduduk pindahan dari tempat lain yang kebanyakan beragama Islam.

Jika Anda datang ke masjid tertua di Bali ini, akan terlihat bagaimana harmonisnya kehidupan para penduduk di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya