Safari Gemes, Cara PP Muhammadiyah Cegah Virus Korona

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2020 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 614 2181205 safari-gemes-cara-pp-muhammadiyah-cegah-virus-korona-EizGeOCCUs.jpg

JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meluncurkam dua program untuk pencegahan penularan virus Korona (COVID-19).

"Ini sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19 ke masyarakat luas," kata Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center, dr Corona Rintawan di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Dua program PP Muhammadiyah untuk pencegahan COVID-19 yakni:

1. Safari (Sadar Faktor Resiko) COVID -19: program ini adalah program pemberdayaan masyarakat untuk paham dan sadar apakah dirinya merupakan kelompok risiko korona atau tidak.

Program ini bertujuan mendorong masyarakat agar paham dan sadar, serta akan mempermudah tugas pemerintah dalam melakukan tracking kelompok risiko. "Selain kesadaran tersebut diharapkan juga mampu mendorong masyarakat supaya proaktif melakukan karantina mandiri," terangnya.

2. GEMES (Gerak Memberi Masker) COVID-19:

Gerakan ini mendorong masyarakat memberikan masker kepada orang-orang yang sedang sakit, seperti terkena flu. Oleh karenanya dengan gerakan ini akan mengubah kecenderungan egoisme dalam masyarakat dan berubah menjadi kecenderungan untuk berbagi dan bersedekah.

"Dan sasaran yang paling efektif dalam menggunakan masker adalah yang sakit bukan yang sehat," ujar dr. Corona.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya