nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Virus Corona di Timur Tengah, Tak Ada Lagi Salam Tangan dan Cium Pipi

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 23:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 16 614 2184369 dampak-virus-corona-di-timur-tengah-tak-ada-lagi-salam-tangan-dan-cium-pipi-21NaGhbPV6.jpg Virus Corona (Foto: Ist)

Pandemi virus corona COVID-19 tengah dirasakan dunia, tepatnya lebih di 100 negara. Termasuk negara-negara di benua Timur Tengah, seperti Bahrain, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Dampak sosial dari pandemi virus corona COVID-19 ini pun juga sudah terjadi di kalangan masyarakat negara-negara Gulf tersebut. Seperti di Oman, di kalangan masyarakat sudah terjadi kepanikan dan ketakutan, bahkan sampai muncul istilah “coronaphobia".

 wabah COVID-19

Takut terinfeksi virus corona yang menyerang sistem pernafasan atas tersebut, disebutkan kini di tas atau kantung hampir setiap warga pasti ada botol kecil disinfektan.

Ketakutan dan kepanikan akibat virus corona COVID-19 ini juga berdampak pada cara berkomunikasi di negara-negara tersebut. Dikatakan sekarang di kalangan masyarakat negara-negara Gulf, banyak orang yang sudah berhenti berjabat tangan atau mencium pipi orang lain, tanda salam yang menjadi kultur atau kebiasaan di negara-negara Arab, seperti diwarta Aljazeera, Senin (16/3/2020).

Perubahan ini sedikit banyak membuat bingung masyarakat, contohnya pengakuan seorang warga di Arab Saudi, pria 60 tahun bernama Abu Abdulrahman yang menyebutkan ia sekarang merasa bingung dengan adanya perubahan norma sosial ini.

“Apakah aku harus berjabat tangan, atau mencium pipi atau tidak sama sekali. Aku jadi tidak tahu, aku berusaha untuk tidak melakukan hal tersebut, tapi aku jadi malu. Bagaimana jika orang lain duluan yang menyapaku, mengulurkan tangannya terlebih dahulu?,” kata Abu.

Sementara itu, Uni Emirat Arab dan Qatar telah menyarankan warganya untuk berhenti melakukan salam tradisional, kebiasaan yang sering dilakukan yakni salam menyentuh hidung ke hidung. Sedangkan Abu Dhabi menginstruksikan warganya cukup memberi salam dengan lambaian tangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini