nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah SMP Muhammadiyah, Giliran Unhasy Racik Hand Sanitizer & Bikin 1.000 Masker

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 09:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 26 614 2189104 setelah-smp-muhammadiyah-giliran-unhasy-racik-hand-sanitizer-bikin-1-000-masker-nDaTUh9NJ5.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

INDONESIA saat ini sedang menghadapi pandemi virus corona (COVID-19), pemerintah sibuk mengobati pasien dan melakukan upaya pencegahan, sedangkan masyarakat terus berusaha agar tidak tertular. Sejalan dengan itu kebutuhan masyarakat akan masker dan hand sanitizer pun meningkat.

Menyikapi keadaan tersebut, mahasiswa yang tergabung dalam barisan mahasiswa pecinta alam Universitas Hasyim Asy'ari (Bimapala Unhasy) yang masuk dalam kategori kampus berbasis Islam, berinisiatif membuat masker dari bahan kain.

Dilansir dari laman Tebuireng pada Kamis (26/3/2020), masker yang sedang dibuat tersebut targetnya sekira 1.000 yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Abdillah, salah satu anggota Bimapala Uhhasy mengatakan pembuatan masker itu merupakan aksi peduli terhadap masyarakat yang terus berupaya menghindari virus corona di tengah kesibukan sehari-hari.

“Mengingat sulitnya mendapatkan masker saat ini, kami berinisiatif untuk membuat masker sendiri dan akan dibagikan kepada masyarakat yang tetap bekerja di luar rumah,” terangnya.

Abdillah menuturkan selain masker pihaknya juga membuat atau meracik hand sanitizer. “Selain masker, kami juga membuat hand sanitizer yang kami produksi sendiri. Pembuatan hand sanitizer ini kami pelajari dari senior yang pernah membuat sebelumnya,” ucapnya.

Abdillah menambahkan saat ini sudah ada 400 masker yang selesai diproduksi dan siap di bagi kepada masyarakat yang masih berangkat kerja atau belum bisa work form home (WFH).

Lebih lanjut, kata Abdillah, anggota Bimapala akan kembali menggalang dana dan hasilnya akan digunakan untuk membeli disinfektan.

Sebelumnya siswa sekolah berbasis Islam, yaitu SMP Muhammadiyah Kottabarat Surakarta, berinisiatif meracik hand sanitizer. Mereka meraciknya dari bahan-bahan tradisional seperti daun kemangi, daun sirih, dan lain-lain. Hasil racikan itu dipergunakan untuk mencegah penularan virus corona.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini