Sayang Orangtua, Menag Fachrul Razi Minta Umat Tak Mudik

Sabtu 28 Maret 2020 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 28 614 2190336 sayang-orangtua-menag-fachrul-razi-minta-umat-tak-mudik-RgXEuPUDqR.jpg Umat diminta tak mudik (Foto: UNB)

Menteri Agama Fachrul Razi meminta kepada umat  yang berada di wilayah wabah corona untuk tidak mudik ke kampung tahun ini.

"Kalau memang sayang kepada orangtua, sayang saudara di kampung, ya jangan mudik," kata Menag Fachrul Razi di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Tak pulang kampung saat lebaran perlu dilakukan guna mencegah meluasnya penyebaran COVID-19 di Indonesia. Tradisi mudik atau pulang kampung memang biasa dilakukan warga saat Lebaran.

 Menag Fachrul Razi

"Kita berada di Jakarta, yang sudah banyak terpapar COVID-19. Mungkin kita tidak kena COVID-19 karena punya kekebalan tubuh lebih baik, atau kondisi badan kita sedang sehat. Tapi kalau kita mudik ke kampung, maka virus yang ada di kita malah dibawa ke kampung," kata Menag Fachrul Razi.

Akibatnya yang mudik akan menularkan virus corona kepada kerabatnya di kampung. "Sehingga, kalau kita mudik ke kampung, kita sama saja dengan membawa penyakit untuk ibu, bapak, dan saudara kita di sana," imbuhnya.

"Jadi kalau tadinya niat kita memberikan manfaat, kita pulang yang ada justru memberikan mudharat, semua menjadi sakit. Orangtua kita jadi sakit dan sebagainya," jelas Menag Fachrul Razi .

Ia berharap kearifan umat untuk menahan diri dan menggunakan akal sehatnya agar tidak mudik selama wabah corona masih melanda Indonesia.

"Agama tak hanya mengajarkan peningkatkan iman dan takwa. Namun juga mengajarkan pentingnya menggunakan akal sehat," pungkasnya.

Saat terjadi wabah corona, terdapat amalan lain untuk berbakti kepada orangtua tanpa menemuinya langsung. Sebab menemui langsung malah jadi mudhorot.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Masjid Istiqlal, Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, ada hal lain yang bisa dilakukan untuk berbakti kepada orangtua tanpa harus menemuinya.

Berbakti bisa dilakukan dengan mendoakan, mengirimkan bacaan Al Fatehah kepada orangtua. Selain itu juga bisa melakukan sedekah atas nama kedua orangtua.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Mendoakan orangtua setiap hari juga merupakan cara berbakti yang baik. Salah satu doanya yang umum dibaca adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa

Artinya: "Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini