nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedang Pandemi Corona, Haedar Nashir Imbau Muslim Tak Mudik

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 06 April 2020 14:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 06 614 2194884 sedang-pandemi-corona-haedar-nashir-imbau-muslim-tak-mudik-C2lmLE3kDp.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

Pulang kampung atau mudik merupakan tradisi menjelang hingga saat hari raya Idul Fitri atau lebaran tiba. Biasanya jutaan orang akan pulang menemui keluarga di daerah masing-masing.

Namun karena pandemi virus corona (COVID-19) terjadi, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau agar Muslim tidak pulang kampung pada musim mudik pada Lebaran 2020. Hal itu dilakukan guna memutus mata rantai penularan virus tersebut.

"Kegiatan-kegiatan keagamaan saja dibatasi sedemikan rupa sesuai dengan hukum syariat, maka mudik tentu saja sebagai kegiatan sosial dapat dihentikan atau tidak dilaksanakan," ujarnya kemarin sebagaimana dikutip dari laman resmi Muhammadiyah pada Senin (6/4/2020).

Dalam suasana seperti ini, kata Haedar, yang harus dikedepankan adalah prinsip agama “La Dharara wa Laa Dhirara”, yaitu jangan melakukan sesuatu yang menimbulkan kemudharatan atau kerugian diri sendiri, keluarga, dan bagi orang banyak secara umum.

"Maka saatnya kita sekarang ini mencoba untuk mengerem semua kegiatan termasuk mudik. Mudik bisa diganti di waktu lain di saat kita sudah keluar dari musibah ini. Insya Allah akan ada manfaatnya," tutur Haedar.

Sebelumnya Pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhid Ustadz Abdullah Gymnastiar (Aagym) lewat akun instagram @aagym mengatakan Muslim sebaiknya tidak mudik guna mencegah penularan corona.

“Sebisa mungkin tahan diri, sekuat tenaga tidak berpergian dahulu, kecuali kewajiban dan penting, karena bisa jadi kita membawa virus,” ucapnya.

“Renungi apakah yang akan terjadi jika kita membawa virus kepada orang yang kita cintai,” pungkas Aa Gym.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini