Nama-Nama Bayi yang Terinspirasi dari Khadijah, Istri Rasulullah yang Dicemburui Aisyah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 09 614 2196458 nama-nama-bayi-yang-terinspirasi-dari-khadijah-istri-rasulullah-yang-dicemburui-aisyah-x3e2v6UMG6.jpeg Ilustrasi. Foto: New Indian Express

Khadijah binti Khuwailid merupakan istri pertama dari Nabi Muhammad SAW. Khadijah berasal dari golongan pembesar Mekkah. Menikah dengan Rasulullah ketika berumur 40 tahun, manakala sang junjungan berumur 25 tahun.

Dikutip dari buku “Mulut yang Terkunci, 50 Kisah Haru Para Sahabat Nabi” karya Siti Nurlaela, Khadijah adalah wanita pertama yang masuk Islam. Ia wanita yang menyelimuti Rasulullah ketika demam usai menyendiri di Gua Hira.

Dalam catatatan sejarah disebutkan bahwa istri Rasulullah yang lain, Siti Aisyah pernah cemburu karena Khadijah. Padahal Aisyah yang berilmu tinggi dan berakhlak mulia jauh lebih muda.

Dikutip dari buku Fiqih Cinta karya Abdul Aziz Ahmad, di paparkan hadis yang menyebutkan Aisyah RA berkata, "Aku tidak pernah cemburu kepada seorang wanita seperti cemburuku kepada Khadijah. Karena Nabi SAW sering menyebut namanya. Suatu hari beliau mengingatnya. Lalu aku berkata: "Apa yang dapat kau lakukan dengan wanita keriput ompong itu? Padahal Allah SWT telah memberi ganti untukmu dengan yang lebih baik darinya." Beliau menjawab: "Demi Allah. Allah SWT tidak menggantinya untukku?" Diriwayatkan oleh Bukari dan Muslim.

Khadijah dan Aisyah sendiri merupakan bunda bagi umat Muslim. Keduanya berakhlak mulia, berbaktik kepada Nabi Muhammad dan Islam. Mereka mendukung sepenuhnya dakwah Islam dengan cara masing-masing.

Sementara pantauan Okezone dalam kehidupan sekarang, banyak umat Nabi yang memakai nama Aisyah dan Khadijah. Sebab kehidupan keduanya menginginspirasi Muslimah dalam mengarungi kehidupan di dunia.

Nah jika Anda ingin menyematkan nama bayi Khadijah pada anak perempuan yang akan lahir, berikut rekomendasi Okezone. Nama-nama ini dikutip dari laman Search Truth pada Kamis (9/4/2020) bisa dijadikan sebagain inspirasi.

Saida Khadijah

Artinya: Perempuan cantik dan mulia.

Khadijah Bushra

Artinya: Perempuan gemar menolong yang memiliki kabar baik.

Khadijah Rabbiya

Artinya: Perempuan terpandang di musim semi.

Rahma Umaiza Khadijah

Artinya: Perempuan penuh kasih sayang, cantik, dan terpandang.

Khadijah Uzma

Artinya: Perempuan mulia yang terbaik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya