Nama-Nama Bayi yang Terinspirasi dari Istri Rasulullah, Hafshah Sang Penghafal Alquran

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 11 April 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 614 2197346 nama-nama-bayi-yang-terinspirasi-dari-istri-rasulullah-hafshah-sang-penghafal-alquran-CBcL0eqDQj.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

RASULULLAH bersabda, “Hafshah akan menikah dengan orang yang lebih baik daripada Abu Bakar dan Utsman sementara Utsman akan menikah dengan wanita yang lebih baik daripada Hafshah.”

Dikutip dari Buku Biografi 39 Tokoh Wanita Pengukir Sejarah Islam, pada bulan Sya’ban tahun ke-3 H seluruh kota Madinah memberkahi pernikahan Nabi Muhammad SAW dengan Hafshah binti Umar ibn Khaththab. Demikianlah, Sayyidah Hafshah bergabung dengan para istri Rasulullah dan Ummahatul Mukminin yang suci.

Beberapa istri Rasulullah yang tinggal dalam rumah beliau saat itu adalah Sayyidah Saudah dan Sayyidah Aisyah. Ketika madu-madu berdatangan ke rumah Rasulullah , Sayyidah Hafshah berkelompok dengan Aisyah karena ia memandang Aisyah sebagai madu yang paling dekat dengan dirinya dan yang paling layak untuk bergabung bersamanya sambil selalu mengikuti ucapan sang ayah, Umar ibn Khaththab kepadanya: “Apa artinya dirimu dibandingan dengan Aisyah dan apa artinya ayahmu dibandingkan dengan ayah Aisyah.”

Hafshah Binti Umar adalah penghafal Alquran yang mulia, pandai berpuasa, dan rajin qiyamullail. Ummul Mukminin Hafshah yang bernama lengkap Hafshah binti Umar ibn Khaththab ibn Nufail ibn Abd al-Uzza ibn Abdullah ibn Qurth ibn Razah ibn ‘Adi ibn Ka’b ibn Lu’ay merupakan keturunan Quraisy.

Sementara itu semua Muslim tentu ingin putri masing-masing seperti Hafshah yang sanggup menghafal Alquran. Nah agar itu terwujud ada baiknya orangtua menyematkan nama bayi yang mengandung kata Hafshah, sebab nama merupakan sebagian dari doa.

Untuk orangtua yang berencana menyematkan nama bayi yang mengandung kata Hafshah, berikut rekomendasi Okezone. Nama-nama di bawah ini merupakan perpaduan kata Hafshah dengan nama-nama populer yang dikutip dari laman Search Truth pada Sabtu, (11/4/2020).

Adila Hafshah

Artinya: Perempuan jujur dan adil.

Zafira Uzma Hafshah

Artinya: Perempuan terbaik, tangguh, dan adil.

Dina Bahira Hafshah

Artinya: Perempuan pintar dan adil yang penuh cinta.

Rabia Hafshah

Artinya: Keadilan di musim semi.

Tara Hafshah

Artinya: Bintang yang adil.

(abp)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini