Inspirasi Nama Bayi dari Zainab, Wanita yang Dinikahi Rasul di Bulan Ramadhan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 20 April 2020 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 614 2201780 inspirasi-nama-bayi-dari-zainab-wanita-yang-dinikahi-rasul-di-bulan-ramadhan-s9ZDD1GpCl.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Sayyidah Zainab binti Khuzaimah merupakan sosok istri yang mulia bagi Rasulullah. Ia adalah perempuan yang cantik, pengasih, dan penyayang di antara para istri Rasulullah.

Dikutip dari buku Biografi 39 Tokoh Wanita Pengukir Sejarah Islam, riwayat yang disepakati oleh sebagian besar sumber adalah bahwa Rasulullah menikahi Zainab pada bulan Ramadhan tahun 3 Hijriah.

Mayoritas sejarawan Islam sepakat menggambarkan Zainab sebagai perempuan yang baik, pemurah, dan menyayangi kaum miskin. Setiap kali namanya disebutkan dalam kitab, pasti disertai dengan julukan Ummul Masakin.

Sedikit dari kisah yang dituturkan oleh Ibnu Hisyam dalam sirahnya adalah bahwa Zainab disebut dengan Ummul Masakin karena sifat kasih sayangnya dan kesantunannya terhadap kaum papa.

Dalam Al-Istiab dan Al-Ishabab juga disebutkan, ”Zainab diberi nama Ummul Masakin karena selalu memberi makan dan bersedekah kepada mereka.”

Demikian pula sumber yang lain. Adapun Fadhilat asy-Syaikh Muhammad al-Madani menuturkan, ”Zainab binti Jahasy r.a. adalah orang yang paling mulia di antara istri Rasulullah, paling budiman kepada anak-anak yatim dan kaum miskin. Karena itu, ia terkenal dengan julukan Ummul Masakin.”

Sementara pantauan Okezone di kalangan masyarakat Muslim Indonesia, tak sedikit orangtua menyematkan nama bayi yang mengandung suku kata Zainab terhadap anak masing-masing.

Nah jika Anda sedang mencari nama bayi untuk perempuan, berikut rekomendasi Okezone, yaitu berupa padu padan kata Zainab dengan nama-nama populer yang dikutip dari laman Search Truth.

Nabila Ulfah Zainab

Artinya: Zainab yang murah hati dan penyayang.

Zainab Ushna

Artinya: Zainab si wanita cantik.

Bahira Wafaa Zainab

Artinya: Zainab si wanita cemerlang dan setia.

Zainab Liyana

Artinya: Zainab si wanita yang lembut.

Zainab Mehrunisa

Artinya: Zainab, wanita yang cantik.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya