Ini Doa Rasulullah di Awal Ramadhan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 27 April 2020 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 618 2205584 ini-doa-rasulullah-di-awal-ramadhan-qg2ir8qBf9.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Bulan Ramadhan 1441 Hijriah baru memasuki pekan awal, yaitu Senin (27//2020) merupakan hari keempat berpuasa. Amalan-amalan yang mengundang banyak pahala pun dipanjatkan oleh umat Islam di seluruh dunia, salah satunya berdoa.

Berdoa di bulan Ramadhan juga dilakukan oleh Rasulullahn SAW. Di antara sekian permohonannya kepada Allah ada agar diselamatkan dari penyakit dan uzur lain sehingga puasa berjalan lancar.

Dikutip dari kaun resmi NU Online, berikut Di awal Bulan Ramadhan ini kita dianjurkan untuk bacaan doa Rasulullah SAW tersebut:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya, “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Hadits ini dikutip oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam karyanya Ithafu Ahlil Islam bi Khususiyatis Shiyam, [Madinah, Maktabah At-Thayyibah: tanpa catatan tahun], halaman 108.

Adapun terjemahan doa Rasulullah ini didasarkan atas catatan kecil atau syarah singkat atas hadits tersebut.

وأخرج: أنه صلى الله عليه وسلم كَانَ يقول إذا دخل شهر رمضان اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Artinya, “Rasulullah SAW bila telah masuk bulan Ramadhan berdoa, ‘Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī,’” (HR At-Thabarani dan Ad-Dailami).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini