Jadi Imam Tarawih di Rumah, Ayah Satu Ini Curhat Pakai Komik

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Rabu 29 April 2020 00:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 616 2206341 jadi-imam-tarawih-di-rumah-ayah-satu-ini-curhat-pakai-komik-i6eQfTcIiO.jpg Sholat Tarawih di Rumah (Foto: Shutterstock)

SAAT menjadi imam tarawih bagi istri dan anak di rumah menjadi tuntutan, Agus Riyanto (40) justru menemukan inspirasi buat karya komiknya.

"Sebenarnya gambar itu kisah nyata saya. Ceritanya, sebelum jadi imam tarawih, saya agak nggak pede (percaya diri) dengan bacaan suratnya. Nah, pas lagi ngehafalin surat Alquran yang akan dibaca, muncullah ide dialog di komik itu," ungkap Agus saat dihubungi Okezone, Rabu (29/4/2020).

Bagi seorang editorial desainer sebuah majalah seperti Agus, sekelumit kisah nyata bisa diwujudkan dalam sebuah gambar. Namun, kali ini bukan sekadar gambar komik semata, tapi menjadi suara kolektif para lelaki muslim saat menjalani kerja di rumah.

(Baca Juga : Studi dari Universitas Newcastle Sebut Umat Muslim Berisiko Lebih Rendah Kena COVID-19)

Pria asal Kota Udang, Cirebon ini mengaku sebelumnya terkadang saja menjadi imam sholat Tarawih. Khusus Ramadhan tahun ini, beberapa momen justru menuntutnya untuk menunaikan tugas sebagai imam keluarga sejati.

Sholat tarawih di rumah

"Kalau dulu jadi imam Tarawih untuk diri sendiri sepulang kerja karena sampai rumah malam hari. Kebetulan sekarang sudah lama WFH (Work From Home) dan anak juga di rumah, jadi kita berjamaah di rumah," ujar Agus menjelaskan.

Kehadiran putri semata wayangnya, Khairana (12) yang tengah libur dari sekolah asramanya menambah kesibukan Agus. Sekolah sang anak mewajibkan wali murid membantu anak untuk mengisi jadwal sholat Tarawih.

(Baca Juga : Kisah Dzulkifli, Diangkat Jadi Nabi karena Sabarnya Kelewat Batas)

Bermula dari sanalah Agus berniat menajamkan hafalan surat Alquran kembali. "Lumayan hafal sih, tapi karena lama tidak dipraktikkan jadi grogi. Walaupun sudah disusun di kepala, keluarnya surat Qulhu (Al-Ikhlas) lagi," urainya.

Selain menjadi imam tarawih di rumah, Agus merangkap menjadi guru, fotografer, videografer, sutradara sampai editor konten tugas sekolah Khairana. Meski lebih sibuk dibandingkan ketika masa bekerja di kantor, ia mensyukuri kondisi saat ini.

(Baca Juga : Peneliti Singapura Prediksi Pandemi COVID-19 di Indonesia Berakhir 3 Juni)

"Ini waktu yang tepat untuk kembali membaca dan menghafalkan Alquran. Bonding (menambah ikatan hubungan) juga buat keluarga. Jarang-jarang jadi imam tarawih, kan. Biasanya diserahin ke imam masjid. Momen ini juga menjaga kehormatan saya sebagai seorang bapak di mata anak," pungkas Agus.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya