Uniknya Puasa Kebatinan, Diyakini Bikin Penganutnya Naik Derajat

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Sabtu 02 Mei 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 614 2208169 uniknya-puasa-kebatinan-diyakini-bikin-penganutnya-naik-derajat-XlXTpyZ8ns.jpg llustrasi Puasa (Foto: Okezone)

BUDAYA dan kultur Indonesia yang kaya menimbulkan berbagai praktik puasa yang beragam. Seperti puasa yang dilakukan oleh penganut kebatinan.

Puasa di kalangan tersebut sering bersifat rahasia dan pribadi. Kalangan internal mereka saja yang mengetahuinya. Bagi yang beraliran mirip Islam, mereka melaksanakannya pada bulan Ramadhan.

Seperti dikutip dari H.M. Sismono dalam buku Puasa pada Umat-Umat Dulu dan Sekarang, penganut aliran kebatinan ini berpuasa sebulan penuh namun menambahkan beberapa ritual. Misalnya, selama 8 hari pertama berbuka puasa sedikit, pada hari ke-9 berpuasa sehari penuh. Ada pula yang mengajarkan puasa Senin dan Kamis sebagaimana dalam Islam.

Dalam Kitab Hidayat Jati didapati pula prinsip Union Mistique (Manunggaling Kawula Gusti) dengan menjalani ritual semedi dan puasa untuk mendapat kekuatan gaib (Manekung). Sebagian lainnya menganggap puasa dan bertapa sebagai latihan kedisiplinan jiwa yang hikmahnya bakal dirasakan masing-masing individu.

Setiap bulan Ramadhan ada beberapa guru kebatinan yang mensyaratkan agar melakoni puasa secara Islam dengan baik. Maksudnya, mereka harus menahan lapar, haus, tidak berhubungan badan serta berdoa sesuai amalan berbahasa Arab. Baru kemudian sang guru akan memberikan amalan doa level berikutnya.

Corak aliran kebatinan tersebut memang tampak seperti puasa dalam Islam. Di dalam ritualnya juga terdapat doa, bacaan serta wirid tertentu. Maksud penganutnya mengamalkan hal tadi agar diberikan pengalaman batin.

Mereka ingin mampu meneropong alam gaib, menyingkap rahasia batin hingga mengetahui alam sesudah mati kelak. Puasa menurut mereka jika dilakukan secara benar dan patuh akan meningkatkan derajatnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya