Jelang Buka Puasa Yuk Berdoa, Jangan Sibuk Masak dan Ngabuburit

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 05 Mei 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 05 330 2209475 jelang-buka-puasa-yuk-berdoa-jangan-sibuk-masak-dan-ngabuburit-dejQIUXF9v.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

ADZAN Magrib di bulan Ramadhan merupakan momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Namun mungkin banyak orang lupa betapa mustajab-nya waktu berdoa jelang buka puasa, sehingga mereka lebih memilih berkutat di dapur, menyiapkan hidangan pembuka atau ngabuburit dengan aktivitas lain.

Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa menjelang buka puasa adalah waktu mustajabnya doa. Maka jika lupa, mulai hari ini Anda bisa memulai kebiasaan baru sebelum waktunya berbuka puasa tiba.

buka

"Saat menjelang berbuka memang salah satu waktu yang disampaikan Nabi Muhammad SAW sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa selain waktu-waktu yang lain," kata Sekretaris Dewan Keluarga Masjid (DKM), Masjid El Syifa Ciganjur, Ustadz Hadi Saifullah saat dihubungi Okezone, Selasa (5/4/2020).

Rasulullah SAW bersabda:

ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم

Artinya: "Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzalimi"(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah ).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Oleh karena itu, ingat ya, pergunakan waktu berbuka puasa sebaik mungkin. Untuk para orangtua, bahkan dapat mengajak anak-anak untuk berdoa bersama-sama. Jadi, bukan hanya sekadar menghilangkan rasa lapar dan haus saja, namun umat Muslim bisa berdoa kepada Allah SWT, sesuai dengan hajatnya masing-masing.

Rasulullah SAW bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره و فرحة عند لقاء ربه

Artinya: "Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan: Kebahagiaan ketika berbuka puasa, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak." (HR. Muslim, no.1151)

"Jadi gunakanlah waktu ini dengan maksimal untuk terpenuhinya hajat kita. Wallahu a'lam," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya