Ingin Bayar Zakat Fitrah, Begini Cara Menghitungnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 09:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 08 616 2210860 ingin-bayar-zakat-fitrah-begini-cara-menghitungnya-Da3irkRdQZ.jpg Membayar zakat (Foto: Zakat.or.id)

MEMBAYAR zakat merupakan rukun Islam yang ke-4, setiap muslim wajib menunaikannya ketika sudah memenuhi nishab-nya. Jika ditinjau secara bahasa, zakat berarti tumbuh, bersih, berkembang, dan berkah.

Sementara dalam istilah fikih, zakat artinya sejumlah harta tertentu yang diambil dari harta tertentu, dan wajib diserahkan kepada golongan yang berhak menerimanya. (mustahiqqin). Syekh Taqiyuddin Abu Bakar bin Muhammad al-Hishni berkata :

وَسُمِّيَتْ بِذاَلِكَ ِلأَنَّ المْاَلَ يَنْمُوْ بِبَرَكَةِ إِخْرَاجِهاَ وَدُعَاءِ الآخِذِ

Artinya: “Disebut zakat karena harta yang dizakati akan berkembang sebab berkah membayar zakat dan doa orang yang menerima.” (Syekh Taqiyyuddin Abu Bakar bin Muhammad al-Hishni, Kifayatul Akhyar, Surabaya, al-Haramain, cetakan kedua, 2002, halaman 104)

Di antara sekian jenis zakat, ada satu yang mesti dibayar pada bulan Ramadhan, yaitu zakat fitrah. Allah SWT berfirman:

وَاقِـمُو الصَّـلاَةَ وَاتُـوْاالزَكـَلاَةَ وَاَطِـيْعُوْالـرَّسـُولَ لـَعَـلَّـكُـمْ تُـرْحَـمُـوْنْْ

Artinya: "Dan dirikanlah sholat, dan tunaikanlah zakat serta taatlah kepada rasul agar kamu diberi rahmat"(Q.S. An-Nur: 56)

Lalu dilanjutkan sebagaimana dalam salah satu riwayat hadist, dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda:

"Islam dibangun di atas lima tiang pokok, yaitu kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rasulullah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa pada bulan Ramaduan, dan naik haji bagi yang mampu. "(HR. Bukhari dan Musllim).

Lalu bagaimana cara perhitungan zakat fitrah? Sekretaris Lembaga Dakwa Khusus PP Muhammadiyah Ustadz Faozan Amar mengatakan, perhitungan zakat dilakukan berdasarkan kebutuhan pokok yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

“Dihitung berdasarkan kebutuhan pokok yang kita makan sebanyak 1 sha' kurang lebih setara dengan 2,5 kilo gram, makanan pokok atau uang dengan seharga kadar tersebut," katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (7/5/2020).

Lebih lanjut, jika setiap hari mengonsumsi nasi dengan harga beras Rp20 ribu per kilogram, maka zakat yang dibayarkan juga memakai beras yang harganya sama yaitu senilai Rp20 ribu. Kemudian dikalikan 2,5 kilogram sekitar Rp50 ribu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini