Doa Sebelum Belajar Biar Cepat Paham Materi Pelajaran

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 618 2212817 doa-sebelum-belajar-biar-cepat-paham-materi-pelajaran-g1ytDoOQlS.jpg Ilustrasi. Foto: Muslim Vibe

Menuntut ilmu atau belajar merupakan salah satu kewajiban umat Islam supaya dijauhkan dari kebodohan. Rasulullah SAW bersabda:

طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: “Bahwasannya menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap umat muslim” (HR.Ibnu Majah)

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan sebelum belajar, setiap Muslim dianjurkan berdoa. Ada beberapa doa yang bisa dibaca sebelum menuntut ilmu.

Ustadz Fauzan bilang, di beberapa sekolah agama dan pesantren diajarkan doa sebelum belajar yang bisa juga dipakai sebagai doa menghadapi ujian akhir semester.

"Doa berikut ini umum dibaca di sekolah-sekolah agama dan pesantren," katanya saat dihubungi Okezone.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

نَوَيْتُ التـَّعَلـُّمَ وَ التـَّعْلِيْمَ وَ التـَّذَكـُّرَ وَ التـَّذْكِيْرَ وَ النَّفـْعَ وَ الاِنْتِفَاعَ وَ الإفَادَتَ وَ الإسْتِفَادَتَ وَ الحِثَّ عَلَى التـَّمَسُّكِ بِكِتاَبِ اللهِ وَ سُنَّةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلـَّمَ وَ الدُّعَــاءَ اِلَى الهُدَى وَ الدِّلاَلَة عَلَى الخَيْرِ اِبْتِغَاءَ مَرْضَاتِهِ وَ قـُـرْبِهِ وَثـَوَابِهِ وَحُسْنِ الخَاتِمَةِ مَعَ اللـُّطْفِ وَ العَافِيَةِ وَصَلاَحِ العَــقِبَةِ

Artinya: "Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih. Saya niat hendak belajar, dan menuntut ilmu, dan untuk mengingat dan menjadi selalu teringat dan memperoleh manfaat dan sampai bermanfaat dan memperoleh keuntungan dan sampai membawa keberuntungan dan selalu berada dalam kepatuhan terhadap Kitab Allah dan Sunnah Rasulullah SAW, dan doa untuk memperoleh petunjuk dan selalu menunjukkan kebaikan untuk memperoleh Ridho dan kedekatan serta penghargaan dan anugerah dan hingga sampai pada akhir yang baik dengan kelembutan dan kebaikan serta terhindar dari berbagai fitnah".

Baca Juga: Kisah Suami Meninggal sambil Baca Al Mulk, Ini Keistimewaannya

Setelah membaca doa tersebut, kata ustadz Fauzan, dapat diakhiri dengan doa untuk memperoleh pemahaman, yakni dikutip dari kitab Majmu‘ah Maqruat Yaumiyyah wa Usbu‘iyyah, ditulis oleh Pengasuh Pondok Pesantren Langitan, KH Muhammad bin Abdullah Faqih;

اللَّهُمَّ أَغْنِنِي باِلْعِلْمِ، وَزَيِّنِّيْ بِالْحِلْمِ، وَأَكْرِمْنِيْ بِالتَّقْوَى، وَجَمِّلْنِيْ بِالْعَافِيَةِ، بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma aghnini bil ‘ilmi, wazayyinni bil hilmi wa akrimni bit taqwa, wa jammilni bil ‘afiyah, birahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya: "Ya Allah, limpahi aku dengan ilmu, hiasi diriku dengan kesantunan, muliakan aku dengan takwa, dan perindah diriku dengan kesehatan, sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih."

Baca Juga: Mbah Moen Ungkap Perbedaan Istri dan Bidadari, Pria Jomblo Wajib Baca Ini

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini