Alasan Sholat Tahajud Tidak Disunahkan Berjamaah

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 330 2214490 alasan-sholat-tahajud-tidak-disunahkan-berjamaah-ykGoPe8nHk.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SHOLAT Tahajud merupakan sholat sunah yang sangat dianjurkan. Biasanya dilaksanakan usai sholat isya di sepertiga malam, setelah bangun tidur, sendiri-sendiri alias tidak berjamaah. Lalu apa alasan Sholat Tahajud tidak disunahkan berjamaah?

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, dalam salah satu riwayat hadist disebutkan Nabi lebih banyak sholat secara sendiri dibandingkan melakukannya dengan berjamaah.

sholat

"Beberapa riwayat menceritakan bahwa Rasulullah pernah sholat tahajud berjamaah dengan Hudzaifah sekali, dengan Ibnu Abbas sekali, dan dengan Anas bin Malik dan ibunya sekali," katanya saat dihubungi Okezone, Kamis 14 Mei 2020.

Lebih lanjut, kata Ustadz Ainul Yaqin, sebaik-baik sholat sunnah adalah dikerjakan di rumah dan sendiri-sendiri. Demikian juga dengan Tahajud, Rasulullah sering melakukannya sendirian, akan tetapi Nabi tidak melarang jika ada sahabat atau orang lain yang ingin melakukannya berjamaah bersamanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalam Kitab Hasyiyatul Bajuri diterangkan :

وهو لغة رفع النوم بالتكلف واصطلاحا صلاة بعد فعل العشاء ولومجموعة مع المغرب جمع تقديم وبعد نوم ولوكان النوم قبل العشاء وسواء كانت تلك الصلاة نفلا راتبا اوغيره ومنه سنة العشاء والنفل المطلق والوتراو فرضا قضاء او نذرا

Artinya: "Tahajud secara bahasa adalah bangun dari tidur yang berat. Sedangkan menurut istilah adalah shalat yang dilakukan setelah shalat isya (walaupun shalat isya’nya dijama’ taqdim dengan maghrib) dan setelah tidur. Meskipun tidurnya sebelum memasuki waktu isya, (demikian pula dinggap sebagai tahajjud) walaupun shalat sunnah rawatib, sunnah mutlaq, witir. Juga (bisa dinggap sebagai tahajjud) shalat wajib yang karena qadha atau nadzar."

"Banyak manfaat, keutamaan Sholat Tahajud sehingga berulang-ulang dalam Alqurqn dan hadits disampaikan, sebagai motivasi pentingnya menjalankan ibadah sunah atau Sholat Tahajud," ucapnya.

Salah satu keutamaan dalam Sholat Tahajud adalah akan diangkat derajatnya. Allah SWT berfirman:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: "Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."(QS. Al-Isra' :79)

Keterangan serupa juga disampaikan KH. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha). Dia menyatakan bahwa sholat tahajud memang tidak disunahkan dilakukan berjamaah, karena fadhilah nya memang dilakukan secara sendiri-sendiri. Namun, tidak berarti sholat tahajud dilarang berjamaah. Kenapa lebih disunahkan dilaksanakan sendiri, agar menjadi ibadah sirri. Bahkan kalau bisa dilakukan di rumah di dalam kamar paling dalam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya