Doa agar Meninggal dalam Keadaan Husnul Khatimah

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 20 Mei 2020 18:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 20 618 2217223 doa-agar-meninggal-dalam-keadaan-husnul-khatimah-3f962IuDpI.jpg Ilustrasi berdoa. (Foto: Shutterstock)

MENINGGAL dalam keadaan husnul khatimah merupakan harapan setiap Muslim. Guna mendapatkannya tentulah tidak mudah, karena selama hidup di dunia yang dapat membawa mati dalam kebaikan salah satunya memperbanyak amal salih.

"Seseorang yang meninggal dunia dalam keadaan baik (husnul khatimah) biasanya mereka adalah orang yang selalu bertakwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala," kata Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Sementara itu, seperti dikutip dari buku Himpunan Doa Raih Jodoh Terbaik, Rumah Tangga Sakinah dan Diberi Momongan Shalih/Shalihah karya Ustadz Muammar Shiddiq, pada halaman 84 terdapat doa agar seseorang diwafatkan dalam keadaan baik atau husnul khatimah.

Doa yang dimaksud yaitu:

اللهمّ أحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي الأُمُورِ كُلِّهَا، وَأجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ

Allahumma ahsin ‘aqibatanaa fil umuuri kullihaa, wa ajirnaa min khizyid dunyaa wa ‘adzabil akhiroh.

Artinya: "Ya Allah baguskanlah akhir dari segala urusan kami, dan hindarkanlah kami dari kehinaan godaaan dunia dan siksa akhirat nanti."

Doa tersebut bisa dibaca atau diamalkan setiap selesai sholat fardhu atau sunah, yakni sebagai salah satu pelengkap doa lainnya.

Selain itu, menurut Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin, salah satu keutamaan membaca doa qunut juga dapat menjadikan mati dalam keadaan husnul khatimah.

"Keutamaan membaca doa qunut sangat luas dan komplet, segala hajat dan kebutuhan sebagai seorang manusia di sebutkan dalam kalimat doa qunut, akan senantiasa dilimpahkan, maghfirah, ampunan Allah Subhanahu wa ta'ala, dibersihkan dari dosa, kenikmatan Husnul khatimah ketika mati," ujarnya kepada Okezone beberapa waktu lalu. 

Doa qunut terbagi dua, Qunut Nazila dan Qunut dibaca ketika Sholat Subuh. Keduanya memiliki keutamaan, yakni meninggal husnul khatimah bagi yang mengamalkannya.

Berikut ini doa qunut yang biasa dibaca saat Sholat Subuh:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلا يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Allahummah dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait,

fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik, wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam."

Artinya: “Ya Allah tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan.

Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, dan para sahabatnya.“(HR. Nasa’i 1746, Abu Daud 1425, Turmudzi 464). 

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini