Malaysia Mulai Izinkan Sholat Berjamaah di Masjid

Ragiel Try Julianto, Jurnalis · Kamis 21 Mei 2020 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 21 614 2217382 malaysia-mulai-izinkan-sholat-berjamaah-di-masjid-5xYRoJDCPN.jpg Salah satu masjid di Penang, Malaysia (Foto: halatrip.com)

DEPARTEMEN Urusan Agama Islam Penang (JHEAIPP) telah mengizinkan sholat wajib berjamaah di semua masjid dan surau di negara bagian itu dengan perintah tertentu selama periode perintah kontrol gerakan bersyarat (CMCO).

Direktur JHEAIPP, Zulkifli Long mengatakan keputusan ini diambil dalam Pertemuan Khusus Dewan Agama Islam Penang tentang Pengembangan Masjid dan Kongregasi pada 14 Mei.

"Izin untuk sholat berjamaah sholat lima waktu terbatas hanya untuk tiga orang, hanya imam, bilal dan siak (pejabat masjid), dan masih tunduk pada surat edaran departemen tertanggal 21 April," katanya dalam sebuah pernyataan resminya, dikutip dari laman Malay Mail.

Baca juga: Setelah Jerman dan Iran, Giliran Malaysia Mulai Buka Masjid

Tak hanya Zulkifli Long, Mufti Datuk Aziz Jafaar mengatakan hal yang sama bahwa berdoa dan ibadah seperti sholat tarawih dan sholat Jumat di masjid-masjid tertentu akan diizinkan mulai 22 Mei 2020 di Sabah. Namun, katanya tidak lebih dari 4 jamaah yang melaksanakan ibadah , di antaranya anggota komite masjid dan surau.

"Setiap jamaah pun perlu diperiksa suhu tubuh mereka serta mencatat kehadiran dan memakai masker kesehatan, menggunakan pembersih tangan dan menjaga jarak sosial," tambahnya.

Ilustrasi

Zulkifli menambahkan, khusus untuk Hari Raya Idul Fitri, semua masjid dan surau diizinkan untuk menyiarkan takbir oleh para pejabat masjid (imam dan bilal) yang bertugas. Dia menambahkan, instruksi yang berkaitan dengan kegiatan di masjid dan surau akan dikeluarkan dari waktu ke waktu dan secara bertahap, tergantung pada perkembangan dalam situasi Covid-19 dan saran dari Departemen Kesehatan.

Baca juga: Soal Salat Jumat, Malaysia Menunggu Kementerian Kesehatan

Pada tanggal 15 Mei, Mufti Penang Seri Wan Seri Wan Salim Wan Mohd Noor mengumumkan bahwa sholat Jumat diizinkan di negara bagian mulai Jumat mendatang, dengan jamaah terbatas, yang terdiri dari pejabat masjid dan anggota komite serta siak masjid atau surau.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Beberapa masjid di Malaysia pun sudah mengizinkan untuk kegiatan sholat Jumat sudah hampir dua bulan karena pembatasan sosial di negara mayoritas muslim itu perlahan-lahan dikurangi.

Hanya masjid di zona hijau (daerah tanpa kasus Covid-19 aktif) diizinkan untuk dibuka, dengan pertemuan terbatas tidak lebih dari 30 orang yang duduk dalam doa bersama sekitar satu meter terpisah satu sama lain.

Hingga Kamis 21 Mei 2020, website worldometers mencatat 7.009 kasus infeksi corona di Malaysia dengan angka kematian 114 orang dan sembuh 5.706 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya