WNI di Amerika Rayakan Idul Fitri dengan Makanan Khas Indonesia

Dada Sathilla, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 614 2218821 wni-di-amerika-rayakan-idul-fitri-dengan-makanan-khas-indonesia-AeFYmJtSV4.JPG Komunitas muslim di negara bagian Maine, Amerika Serikat (Foto:

HARI RAYA Idul Fitri di Amerika Serikat (AS) jatuh pada Minggu (24/5/2020). Namun, lantaran Negeri Paman Sam menjadi salah satu negara yang paling terdampak pandemi virus corona (Covid-19), sholat Idul Fitri terpaksa ditiadakan tahun ini.

Warga Negara Indonesia (WNI) beragama Islam yang tinggal di negara bagian Maine pun harus tetap bekerja seperti biasa. Untuk mengobati rindu akan suasana Idul Fitri seperti di Tanah Air, WNI di Maine memasak opor ayam menu khas Lebaran di hari Idul Fitri ini.

AS merupakan negara paling terdampak wabah Covid-19, di mana jumlah kasus di negara itu menjadi yang tertinggi di dunia. Begitu pula dengan jumlah korban meninggal, yakni mencapai lebih dari 95.000 orang. Sehingga wajar saja jika tahun ini tidak diadakan sholat Idul Fitri di Islamic Center Amerika, salah satunya di Islamic Center Maine.

Baca juga: Raja Salman Izinkan Masjidil Haram & Masjid Nabawi Gelar Sholat Id

Islamic Center Maine yang berada di Kota Orono, negara bagian Maine telah menyatakan tahun ini urung menggelar sholat Idul Fitri. Sholat maghrib, tarawih dan sholat Jumat berjamaah juga ditiadakan.

Seorang mahasiwa asal Indonesia yang tengah menempuh progam doktoral jurusan oceanography di Univesitiy of Maine, Drajat S. Seto mengaku sudah terbiasa dengan minimnya perayaan lebaran di Maine.

Ilustrasi

Di saat umat Islam di berbagai penjuru dunia merayakan Idul Fitri bersama keluarga, Seto berencana akan tetap masuk kerja dan melanjutkan penelitiannya di laboratorium University of Maine.

Baca juga: Mengapa Rasulullah Ambil Jalan Berbeda saat Pergi & Pulang Sholat Idul Fitri?

"Rasanya biasa aja karena di Kota Orono tidak ada WNI lain selain saya. Jadi, saya sudah terbiasa dengan minimnya perayaan lebaran karena saya satu-satunya orang Indonesia di kampus ini. Cuma rencananya malam ini saya mau bikin ketupat buat ngobatin kangen akan lebaran di Indonesia," ujar Seto.

Kota kecil Orono di Maine memiliki sebuah Islamic Center yang mana seperti di negara bagian Wisconsin, bangunannya tampak seperti rumah, bukan masjid. Islamic Center of Maine rutin menggelar kegiatan keagamaan untuk komunitas muslim di Kota Orono, seperti sekolah minggu dari jam 11.00 hingga 14.15 waktu setempat.

Sekolah minggu yang dibuka untuk semua umur ini memberi pelajaran seputar Alquran, bahasa Arab dan pengetahuan lain seputar Islam. Selain itu, potluck digelar sebulan sekali. Potluck ialah sebuah kegiatan perkumpulan semacam pertemuan makan siang komunal, di mana setiap orang atau sekelompok orang memberi kontribusi sepiring makanan untuk dibagi di antara grup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini