Allah Senang pada Hamba yang Gemar Bersyukur

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 25 Mei 2020 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 614 2219083 allah-senang-pada-hamba-yang-gemar-bersyukur-8He7OEEhFH.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Dari setiap masalah hidup yang datang, akan selalu ada hal yang dapat disyukuri. Hal ini membuktikan bahwa pelajaran hidup dari sebuah masalah itu benar adanya.

Rajin bersyukur membuat Allah SWT senang. Sebab, Allah Maha Penerima Syukur atau dalam Asmaul Husna disebut Asy-Syakuur. Karena itu, jangan pernah pelit untuk bersyukur sekecil apapun itu berkah yang Anda dapat.

Dalam buku Kisah dan Mukjizat 99 Asmaul Husna untuk Membina Akhlak Mulia Anak karya Ustadz Hanafi, Allah Asy-Syakuur, artinya Allah Maha Penerima Syukur. Allah sangat senang sekali menerima syukur dari hamba-hamba-Nya yang pandai bersyukur atas rezeki yang telah diberikan.

Alquran

Sifat Asy-Syakuur ini juga tertuang di dalam Alquran, berikut bunyinya: "Agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambahkan karunia-Nya. Sungguh Allah Maha Pengampun, Maha Penerima Syukur." (QS. Faathir: 30).

(Baca Juga : Kisah Rohani Kiai Hasyim Asy'ari dan Kiai yang Memutus Silaturahmi)

Nabi Adam coba memberikan contoh bagaimana bersyukur itu akan memberikan kenikmatan dalam hidup seorang Muslim. Bagaimana kisah Nabi Adam yang pandai bersyukur?

Dijelaskan bahwa Nabi Adam selalu berdoa kepada Allah agar dirinya dipertemukan kembali dengan Hawa, istrinya. Allah pun mendengar doa Nabi Adam dan mempertemukan dia dengan Hawa di suatu tempat. Nabi Adam dan Hawa pun bersyukur kepada Allah karena mereka bisa bertemu kembali.

Dari kisah itu, kita sebagai seorang Muslim harus perbanyak ucap syukur pada Allah atas rezeki yang Allah berikan.

Rezeki itu tak melulu harta, tetapi kesehatan, kelengkapan anggota keluarga, dan anak yang soleh dan solehah pun rezeki dari Allah. Jadi, sempatkan selalu untuk bersyukur pada Allah SWT, ya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya