Share

Ikuti Kalender Jawa Islam Kuno, Jamaah Aboge Idul Fitri Hari Senin

Selasa 26 Mei 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 614 2219640 ikuti-kalender-jawa-islam-kuno-jamaah-aboge-idul-fitri-hari-senin-VkibNhWhUo.JPG Jamaah Aboge sedang menikmati menu makanan khas lebaran (Foto: Okezone.com)

PARA jamaah Islam Aboge alias Alif Rebo Wage yang berdomisili di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah baru merayakan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada Senin 25 Mei 2020, atau lewat satu hari dari ketetapan pemerintah.

Melansir dari laman KRjogja, Selasa (26/5/2020) para jamaah Aboge memadati area Masjid Sayid Kuning untuk melaksanakan Salat Idul Fitri tanpa menghiraukan imbauan pemerintah soal physical distancing. Shaf salat tampak berdempetan. Sebagian warga juga tidak mengenakan masker.

Baca juga: 8 Ilmuwan Muslim yang Berhasil Mengubah Dunia

Pimpinan Aboge Purbalingga, Sudi Maksudi menyatakan, mereka mengikuti kalender Jawa Islam kuno dalam menetapkan hari kemenangan yang menurutnya jatuh pada Senin Legi, atau berselang satu hari dari Lebaran yang ditetapkan pemerintah.

Ilustrasi

Dia mengatakan, warga yang berduyun-duyun melaksanakan sholat id tidak mewakili seluruh anggota, karena beberapa dari mereka sedang di perantauan dan terjebak oleh larangan mudik yang diberlakukan pemerintah.

Baca juga: Kisah Umat Katolik Bantu Pesantren di Tengah Wabah Corona

“Sebetulnya warga Desa Onje ini khususnya yang hari raya Idul Fitri sekarang, warganya banyak, namun sudah saya kasih tahu. Saya umumkan yang takut ya jangan berangkat,” tuturnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini