DMI: Masjid-Masjid Segera Dibuka, Kecuali di Zona Merah

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 28 614 2220922 dmi-masjid-masjid-segera-dibuka-kecuali-di-zona-merah-a6u1nCModS.JPG Waketum DMI, KH Masdar Faris Mas'udi (Foto: YouTube/@Ali Abualwi)

WAKIL Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (Waketum DMI), KH Masdar Faris Mas'udi mengatakan, rencana pemerintah memberlakukan new normal pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), juga berlaku untuk masjid-masjid di Indonesia. Tempat-tempat ibadah yang selama ini ditutup akan segera dibuka.

"Jika kondisi sudah membaik, tidak lagi dikhawatirkan bahaya virus corona (Covid-19). Tentu para pemangku masjid yang bersangkutan akan segera membukanya untuk kepentingan ibadah jamaahnya," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Pemerintah Terapkan New Normal, Fatwa MUI Sedang Dikaji Ulang

Lebih lanjut, kata Masdar, untuk waktunya akan disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Jika sudah aman dari penyebaran Covid-19, maka masjid akan dibuka dan dipergunakan sebagaimana semestinya.

"Kapan? Tergantung kondisi masing-masing daerah, sesuai dengan petunjuk pemegang otoritas kesehatan masing-masing daerah," ucapnya.

Ilustrasi

Namun apabila masih ada beberapa zona merah di sejumlah wilayah, meski new normal sudah diberlakukan DMI tidak menyarankan masjid di kawasan tersebut dibuka. Sebab, mengingat protokol kesehatan penanganan Covid-19 masih berlaku selama virus tersebut masih mewabah.

Baca juga: MUI: Umat Muslim Sudah Wajib Sholat Jumat di Wilayah Terkendali Covid-19

Sementara itu Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Masjid Istiqlal, Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, terkait dengan pemberlakuan new normal, Masjid Istiqlal juga segera dibuka untuk umum.

"Kami di Istiqlal menunggu imbauan dari pemerintah baik DKI Jakarta, maupun pusat," katanya kepada Okezone.

Dia mengatakan, Masjid Istiqlal akan dibuka kembali ketika imbauan tentang new normal sudah resmi diberlakukan, khususnya jaminan keamanan kesehatan terkait Covid-19.

"Kalau sudah ada jaminan bahwa Covid-19 sudah bisa diatasi, khususnya di DKI maka masjidpun kami buka untuk umum dan tetap dengan protokol kesehatan," pungkasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini